May 13, 2022

10 Food Blogger Top Untuk Bisnis Kuliner

top-food-blogger-indonesia-bisnis-kuliner

Food blogger jadi salah satu profesi yang banyak dilirik selama beberapa tahun terakhir. Banyak orang yang tertarik jadi seorang food blogger. Di sisi lain, ga sedikit pelaku bisnis kuliner yang menggunakan jasa food blogger buat bantu mempromosikan bisnisnya.

Promosi menggunakan food blogger lumayan efektif. Peran food blogger sebagai influencer makanan seringkali sukses bikin orang tertarik mencicipi makanan yang mereka rekomendasikan. Tapi efektivitas promosi lewat food blogger juga tergantung dari popularitas dan kredibilitas food blogger itu sendiri. Kalau food blogger yang dipilih ga punya banyak follower dan pengaruh, belum tentu efeknya buat bisnis kuliner bisa sebesar yang diharapkan.

Apa itu food blogger?

food-blogger-definisi

Profesi food blogger ini mulai lahir sejak era blogging. Bedanya dengan blogger lain, apa yang ditulis food blogger lebih spesifik ke dunia kuliner, khususnya review makanan sampai rekomendasi tempat makan.

Food blogger biasanya punya kemampuan tasting yang bagus. Beberapa dari mereka juga ada yang jago masak, bahkan punya bisnis kuliner sendiri. Tapi yang ga kalah penting, mereka pandai menyampaikan rasa makanan yang mereka cicipi. Kemampuan inilah yang bikin orang yang membaca tertarik nyoba makanan yang mereka review.

Karena membahas soal makanan, banyak yang menyamakan food blogger dengan foodies. Padahal dua profesi ini beda banget. Food blogger jelas harus punya blog atau alamat website sendiri. Di sisi lain, foodies ga harus punya blog dan lebih sering memamerkan makanan yang mereka potret dan review di media sosial.

Tren food blogger di Indonesia

tren-food-blogger-indonesia

Kalau melihat lanskap industri bisnis, bisnis kuliner terbilang menjadi salah satu yang paling banyak diminati. Menjamurnya bisnis kuliner di tanah air pun semakin memupuk tumbuhnya profesi blogger makanan. Jadi jangan heran, profesi blogger makanan juga jadi makin mainstream.

Hingga saat ini, profesi blogger makanan menjadi salah satu profesi yang diimpikan oleh banyak orang. Jadi food blogger di Indonesia juga ga serumit di beberapa negara lain yang harus ahli di bidang kuliner. Syarat jadi blogger dan influencer makanan di Indonesia bisa dibilang masih lebih longgar. Selama bisa menulis, bisa motret foto makanan, punya tasting yang bagus, punya website atau blog dan suka kulineran, siapapun bisa jadi blogger makanan.

Profesi food blogger sendiri juga makin diakui para pelaku bisnis. Banyak pelaku bisnis kuliner yang menggunakan jasa blogger makanan buat promosi. Bahkan waktu ada peluncuran restoran atau menu makanan baru, lumayan banyak pelaku bisnis kuliner yang mengundang blogger makanan buat bantu promosi di media sosial.

Top 10 food blogger di Indonesia

Perkembangan industri F&B di Indonesia juga mendorong perkembangan influencer makanan di tanah air. Banyak influencer makanan bermunculan sejak beberapa tahun terakhir. Beberapa dari mereka memang masih baru. Tapi ada juga beberapa food blogger yang punya pengaruh besar dengan jumlah follower mencapai jutaan orang.

1. Magdalena (@Mgdalenaf)

mgdalenaf-food-blogger-top-bisnis-kuliner

Kalau bicara soal influencer makanan paling berpengaruh di Indonesia, bisa dibilang Magdalena adalah salah satunya. Konten-kontennya ga cuma sebatas review makanan. Dia juga sering posting konten jalan-jalan sambil kulineran, baik di dalam maupun di luar negeri.

Pengaruh Magdalena sebagai influencer makanan juga besar. Lewat konten-kontennya, Magdalena sudah bantu banyak UMKM kebanjiran order. Jadi jangan heran kalau beberapa tempat makan yang habis dia review ada yang mendadak jadi antre sampai berjam-jam.

  • 2,3 juta follower di Instagram (@Mgdalenaf)
  • Lebih dari 4,03 juta subscriber di Youtube (MGDALENAF)
  • Engagement rate sosial media 0,58%

2. Hans Danial (@Eatandtreats)

hans-daniel-food-blogger-top-bisnis-kuliner

Lewat akun instagramnya @Eatandtreats, Hans Danial sering berbagi rekomendasi makanan yang pernah dia coba. Rekomendasi yang dia kasih juga bukan rekomendasi ala-ala. Influencer makanan yang satu ini jujur kalau soal rasa. Ga heran, banyak follower-nya yang nunggu review dan rekomendasinya.

  • 378 ribu follower di Instagram (@Eatandtreats)
  • Engagement rate sosial media 3,04%

3. @Anakjajan

anakjajan-food-blogger-top-bisnis-kuliner

@Anakjajan termasuk salah satu Influencer makanan yang punya pengaruh besar. Dibangun oleh pasangan Julia dan Marius, @Anakjajan sering membagikan konten review makanan, restoran sampai resep makanan. Selain aktif di media sosial, @Anakjajan juga punya website yang bisa diakses di anakjajan.com.

  • 456 ribu follower di Instagram (@Anakjajan)
  • Engagement rate sosial media 0,61%

4. Ria SW (@riasukmawijaya)

riasw-food-blogger-top-bisnis-kuliner

Buat kamu yang lagi cari rekomendasi makanan atau sekedar suka liat makanan enak dari dalam ataupun luar negeri, mungkin kamu akan suka sama konten-konten Ria SW. Influencer makanan yang satu ini sering membagikan konten kulineran nusantara sampai luar negeri. Jadi selain dapat rekomendasi makanan enak, kamu juga bisa liat perjalanannya jalan-jalan keliling dunia.

  • 970 ribu follower di Instagram (@riasukmawijaya)
  • Lebih dari 3,93 juta subscriber di Youtube (Ria SW)
  • Engagement rate sosial media 20,63%

5. Farida Nurhan (@farida.nurhan)

farida-nurhan-food-blogger-top-bisnis-kuliner

Kalau liat konten-kontennya Farida Nurhan, pasti banyak yang jadi laper. Farida Nurhan sering berbagi konten mukbang, khususnya mukbang makanan nusantara. Ga heran banyak yang auto mupeng setelah nonton kontennya.

  • 1,6 juta follower di Instagram (@farida.nurhan)
  • Lebih dari 4,34 juta subscriber di Youtube (Farida Nurhan)
  • Engagement rate sosial media 2,22%

6. Nex Carlos (@nexcarlos)

nex-carlos-food-blogger-top-bisnis-kuliner

Influencer makanan yang terkenal lewat gimmick-nya “makan cuy!!!” ini mungkin sudah ga asing lagi. Konten-konten Nex Carlos banyak mengajak penontonnya keliling Indonesia sambil mencicipi makanan-makanan nusantara. Tempat makan yang didatangi juga ga cuma restoran terkenal. Ga jarang, Nex Carlos berbagi hidden gem yang mungkin belum banyak orang tahu.

  • 1 juta follower di Instagram (@nexcarlos)
  • Lebih dari 4,51 juta subscriber di Youtube (Nex Carlos)
  • Engagement rate sosial media 0,98%

7. Tanboy Kun (@tanboy_kun)

tanboy-kun-food-blogger-top-bisnis-kuliner

Bara Ilham atau yang kerap disapa Tanboy Kun ini sering berbagi konten mukbang di media sosial. Jadi ga heran kalau banyak orang yang ngiler setelah nonton kontennya. Meski suka berbagi konten mukbang, spesialisasi influencer yang satu ini lebih ke makanan pedas dan porsi besar.

  • 1 juta follower di Instagram (@tanboy_kun)
  • Lebih dari 15,7 juta subscriber di Youtube (tanboy kun)
  • Engagement rate sosial media 1,55%

8. Ken & Grat (@kenandgrat)

ken-grat-food-blogger-top-bisnis-kuliner

Ken & Grat sering membagikan konten makanan yang lagi viral. Mereka juga sering ngasih review jujur soal makanan yang mereka cicipi. Selain konten review, Ken & Grat juga sering bikin konten battle makanan dari tempat yang berbeda.

  • 414 ribu follower di Instagram (@kenandgrat)
  • Lebih dari 2,55 juta subscriber di Youtube (Ken & Grat)
  • Engagement rate sosial media 2,02%

9. Gerri Girianza (@gerrygirianza)

gerri-girianzi-food-blogger-top-bisnis-kuliner

Suka blusukan cari makanan enak. Konten-konten Gerri Girianzi banyak yang seperti ini. Mulai dari makanan kaki lima sampai makanan ala restoran, semua bisa kamu temukan di akun media sosial Instagram atau channel Youtubenya.

10. Felix Setiawan (@kokokuliner)w

felix-setiawan-food-blogger-top-bisnis-kuliner

Kalau kamu lagi bingung cari makanan enak atau pengen cari tempat nongkrong yang asyik, kamu mungkin bisa cari jawabannya di akun Instagram @kokokuliner. Akun milik Felix Setiawan ini sering membagikan referensi makanan dan tempat nongkrong. Ga cuma itu, dia juga sering berbagi tempat liburan yang seru dan kece.

  • 115 ribu follower di Instagram (@kokokuliner)
  • Engagement rate sosial media 0,05%

Saat ini banyak orang yang mencari rekomendasi dari media sosial. Jadi ga heran, pengaruh influencer untuk bisnis sangat besar. Bahkan untuk promosi bisnis kuliner,  mengundang influencer atau blogger makanan kayanya sudah jadi hal yang biasa.

Kalau kamu pengen promosi lewat influencer, EverPlate bisa bantu kamu lewat layanan Influencer Management. Produk dan brand kulinermu akan di-review oleh ratusan jaringan top influencer dan food blogger yang bekerjasama dengan kami. Ga cuma itu, brand kulinermu juga akan dapatkan foto dan video produk. Untuk info lebih lengkap, silahkan klik untuk menghubungi kami hari ini.


More insights & stories

There’s more where that came from. Get in the know and check out our addtional insights

Gabung Dengan Everplate

Kamu punya pertanyaan lebih lanjut atau mau dijadwalkan tur ke dapur kami? Bantu isi form dibawah ini ya!

Nama Lengkap
Nomor Telepon
Nama Perusahaan
Email

Estimasi Pesanan Mingguan

Lokasi Pilihan

Thanks for contacting us!

We'll reach out shortly so we can understand your business and needs better.