April 08, 2022

Oma Elly, Bisnis Kuliner Sukses Berkembang di Saat Pandemi

bisnis-kuliner-itali-oma-elly

Merasakan hidangan ala Italia, kini bisa kita rasakan di rumah. Brand atau bisnis Oma Elly menjadi salah satu pilihan favorit pecinta kuliner eropa dan belakangan ini sedang marak dibicarakan di media sosial. Yuk, bincang bersama dengan Chef & Founder nya Oma Elly Kitchen, Chef Andry Susanto, dan mengulik lengkap awal mula berdirinya brand ini hingga menghasilkan kesuksesan dibidang kuliner.

Bagaimana Awal Mula Berdirinya?

bisnis-kuliner-italy-oma-elly

Sejak kecil, Chef Andry, begitu sapaannya, selalu suka memasak dan tumbuh besar dengan memasak bersama neneknya Oma Elly, sebagai sang inspirator dari ide dan perkembangan bisnis kulinernya saat ini.  

Berdirinya Oma Elly berawal di tahun 2018, saat itu Chef Andry baru saja menikah dan tinggal di sebuah apartemen. Kebiasaan dan hobby nya membuat Lasagna bersama teman-teman nya saat piknik bareng, membawanya ke bisnisnya sekarang ini. 

Tepatnya di bulan Oktober 2018, seorang temannya yang hamil sedang ngidam untuk memakan Lasagna. Chef Andry kemudian mengatakan, “Kalau kita mendapat 10 pesanan, akan saya bikin Lasagna nya”. Dari situ, permintaan dari teman-temannya pun melonjak tinggi dan dalam waktu setengah jam dia sudah mendapat 10 pesanan. 

Meskipun pada awalnya hanya bisnis ‘mulut ke mulut’, namun sejak saat itu permintaan terus berkembang dan hingga saat ini brand Oma Elly sudah sukses dikenal oleh ribuan foody lovers, khususnya pecinta makanan Itali.

Bagaimana Oma Elly Beralih ke Sistem Delivery?

bisnis-kuliner-italy-oma-elly

Setelah memulai proses bisnis nya di dapur, Chef Andry kemudian menjalankan konsep Private Dining, dimana pengunjung bisa melihat dan menikmati hidangan langsung dari dapurnya. Konsep ini sangat populer, mengingat makanan Itali umumnya rentan akan waktu, dan sudah tidak enak jika tidak langsung di makan. Pada proses persiapannya sendiri, Chef Andry dan team akan memasak pagi-pagi, hingga pukul 3 atau 4 sore dapur dan ruang dining akan diatur untuk pembukaan pada jam 6 sore.

Sampai akhirnya ketika Pandemi datang dan PSBB Pertama berlaku, konsep RnD menu untuk Private Dining selanjutnya sudah dibuat, namun jadi tidak bisa terlaksana. Saat itu, Chef Andry menemukan penyimpanan Truffle sebanyak 2 Kg dan terpikirkan ide untuk membuat menu Pizza dengan Home Delivery. Namun tanpa diduga, jumlah pemesanan malah semakin meledak dalam sekejap.

Bagaimana Menghadapi Tantangan Home Delivery Pasta?

bisnis-kuliner-italy-oma-elly

Chef Andry menegaskan, bahwa dalam sistem Home Delivery ini memang memiliki tantangan waktu yang tidak dapat dihindari. Terutama pada menu Pasta yang notabene nya sangat rentan dingin dan rasa sudah tidak enak jika dimakan lama. 

Chef Andry dan team mencoba memposisikan diri melalui kacamata customer, yang pastinya akan selalu menginginkan yang terbaik, bisa dari kualitas, rasa, hingga pelayanan. Bersama team, Chef Andry selalu mencari cara bagaimana makanan akan tetap enak dimakan dalam waktu 1 jam dari sekarang, atau mencari solusi lainnya agar memperoleh hasil yang lebih sempurna.

Bagaimana Oma Elly Bisa Terus Berkembang Sampai Sekarang?

bisnis-kuliner-italy-oma-elly

Kunci kesuksesan Oma Elly hingga sekarang, menurut Chef Andry, terletak pada orang-orang nya. Sederhananya, cari dan rekrut orang-orang terbaik, perlakukan mereka dengan baik, anggap sebagai keluarga, peduli terhadap mereka, dan pimpin mereka dengan memberikan contoh, maka kamu akan mendapatkan team yang luar biasa. 

Tentunya semua proses tidak ada yang namanya jalan pintas. Bekerja keras untuk prosesnya, dan memiliki team yang mencintai makanannya, juga brand nya sebesar yang kamu rasakan juga.

Chef Andry mengatakan, bahwa dia beruntung memiliki team yang benar-benar menaruh hati dan jiwanya di bidang ini, serta melangkah bersama sampai sekarang.

Apa yang Membedakan Oma Elly dengan Brand Kompetitor?

bisnis-kuliner-italy-oma-elly

Jika ditanyakan kelebihan dan perbedaan Oma Elly dengan brand kompetitor, Chef Andry simple mengatakan bahwa itu terletak pada kualitas makanannya. Bagi pelanggan Oma Elly, tentunya banyak yang mengetahui cita rasa dan taste yang unik di tiap menu dan resep di Oma Elly. 

Dengan memasak apa yang kita suka”, yang menurut Chef Andry merupakan faktor penting dalam keunggulan brand-nya. Dan itu juga ditanamkan selalu kepada semua tim nya, dengan mottoJadilah luar biasa dengan melakukan hal biasa yang lebih baik daripada orang lain”.

Kenapa Memilih CloudKitchens®?

bisnis-kuliner-italy-oma-elly-cloud-kitchen

CloudKitchens® merupakan bisnis yang dirancang khusus untuk layanan pesan-antar yang sudah sangat populer di Indonesia belakangan ini. Pelayanan yang diberikan juga beragam, mulai dari sewa tempat, penawaran penyewaan dapur dan tenaga kerja, hingga management dan konsultasi pemasaran. 

Saat ini Oma Elly juga menggunakan layanan CloudKitchens®, terlepas dari kesuksesannya dalam bisnis kuliner saat ini. Menurut Chef Andry, Oma Elly memilih layanan ini dengan tujuan meningkatkan pelayanan terbaik kepada pelanggan-pelanggannya. 

Sebut saja salah satunya yaitu meningkatkan pelayanan pengiriman agar lebih cepat diterima oleh customer. Layanan ini juga membantu meningkatkan hubungan yang lebih dekat kepada customer dengan servis terbaik.

Bagaimana Everplate Membantu Oma Elly?

bisnis-kuliner-italy-oma-elly-cloud-kitchen

Sebagai salah satu Everplate Testimonial, Chef Andry memberikan komentar kepuasannya terhadap layanan Everplate yang sudah turut berjalan bersama Oma Elly dalam kesuksesannya. 

Everplate memberikan kemudahan bagi tiap tenant nya dalam mengeluarkan pelayanan terbaiknya kepada customer. Mulai dari persiapan dini membantu segala kebutuhan tenant hingga mereka siap, kemudian membantu proses pemesanan customer via online delivery platform dan memastikan pengiriman dilakukan dengan cepat, membantu promosi, hingga sampai akhir ketika titik penjualan menjadi lebih baik.

Wah, melihat kesuksesan Ome Elly dalam menjalankan bisnis kuliner, gimana nih, kalian jadi terinspirasi juga? Harus itu! Pasalnya, bagi kamu yang pengen punya bisnis kuliner atau restoran online, Everplate bisa bantu dengan layanan delivery online dan CloudKitchens®. Contohnya, kayak Oma Elly ini juga udah gabung di Everplate, lho.

Di Everplate, pelaku UMKM di bidang kuliner bisa mengembangkan usaha secara online agar lebih mudah dijangkau dan diakses calon konsumen secara luas. Pesanan bisa via aplikasi, cepat, dan mudah. Bahkan, kamu bisa mengelola pesanan dalam satu aplikasi modern yang terintegrasi. Asyik, kan!

So, tunggu apalagi? Buruan gabung di Everplate untuk mendukung usaha kuliner yang hits di era digital. Untuk info lebih lengkap, silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami hari ini!


More insights & stories

There’s more where that came from. Get in the know and check out our addtional insights

Gabung Dengan Everplate

Kamu punya pertanyaan lebih lanjut atau mau dijadwalkan tur ke dapur kami? Bantu isi form dibawah ini ya!

Nama Lengkap
Nomor Telepon
Nama Perusahaan
Email

Estimasi Pesanan Mingguan

Lokasi Pilihan

Thanks for contacting us!

We'll reach out shortly so we can understand your business and needs better.