Kisah Everplate memungkinkan restoran untuk berkembang

indonesia-cloud-kitchen-everplate-kelapa-nias-building-location

Covid-19 telah secara drastis mempengaruhi kehidupan kita, terutama kebiasaan makan. Sederhananya, makan di tempat sudah terpengaruhi dengan hebat. Bahkan saat diizinkan, aturan menjaga jarak tidak memungkinkan sekelompok besar orang untuk makan bersama-sama. Satu-satunya jalan untuk banyak bisnis makanan dapat melewatinya ialah dengan beradaptasi kepada cara baru yang cukup populer yaitu jasa antar makanan.

Tidak heran, banyak restoran di Indonesia sekarang bergantung pada jasa antar sebagai alternatif; GoFood dan ShopeeFood, masing-masing memiliki pertumbuhan yang signifikan terhadap jumlah dari penjual makanan di situs mereka.

Tapi, ada satu masalah yang sangat nyata. Untuk sebagian besar restoran, dapur dan luas ruangan dalam mereka saat ini dibuat untuk tujuan yang berbeda. Area makan di tempat dibiarkan kosong sementara sewa tetap berjalan. Banyak restoran menyadari bahwa hal buruk akan terjadi; kecuali mereka mengubah cara kerjanya, bisnis mereka tidak berkelanjutan.

Satu tahun sejak banyak pemilik restoran yang beralih ke cloud kitchen, buktinya sangat nyata. Berikut adalah beberapa contoh dari restoran yang memiliki jasa cloud kitchen kami dan sekarang menuai upahnya.

Wiki Wiki Juice & health bar

  • Copacabana telah berkontribusi hingga mencapai 20% penjualan mereka.
  • Mengoptimalkan pengerjaan pegawai dapur
  • Mengurangi pemborosan bahan-bahan
  • Penjualan di Tokopedia Everplate (e-commerce) berkontribusi hingga mencapai 15% dari penjualan mereka.

Bakmie Naga

  • Membantu perubahan dari tradisional dine-in restoran ke arah pengataran online teroptimalkan.
  • Restoran yang hanya melayani pengataran pertama dengan Everplate

Herbox

1. Apa filosofi dan konsepnya Herbox?

HerBox : merupakan gabungan dari kata HERbivore dan BOX. Kami ingin menyajikan sekotak makanan herbivore (plant based) yang enak / cocok di lidah, dan terjangkau. Kami ingin memperkenalkan vegan/plantbased food ke masyarakat yg lebih luas.

2. Bagaimana awal berdirinya HerBox?

Berawal di masa PSBB 1 kami melihat banyak sekali benefit plantbased diet dalam melawan berbagai Virus terutama Corona. Maka tercetuslah ide untuk memulai Herbox, dengan misi mengajak lebih banyak orang untuk sehat dengan pola makanan plantbased.

3. Apa yang membedakan HerBox sama F&B Brand lainnya?

Mengusung tema Plant-based, maka fokus kami untuk menghadirkan makanan yang tidak hanya sekedar sehat, namun juga lezat dan bisa dinikmati setiap hari sehingga siapa saja yang ingin menjaga pola makan sehat tetap bisa menikmati makanan yang ada dipiringnya tanpa perlu merasa tersiksa.

4. Apa tantangan terbesar yang dihadapi HerBox?

Menghadapi mindset sebagian orang yang berpikir bahwa Plant based food itu hanya dikhususkan untuk orang yang Vegan/ Vegetarian saja. Sebagian orang juga menganggap dengan mengonsumsi plantbased food, maka akan kekurangan zat gizi seperti Protein. Padahal Protein, Vitamin, Lemak, Serat, semuanya bisa didapatkan dari plant based. Di masa sekarang, banyak sekali atlet Vegan dan para dokter yang menjalani pola hidup plant based dan merekomendasikan bagi siapa saja yang ingin hidup lebih sehat. 

Juga ada sebagian orang juga beranggapan bahwa makanan Plant based itu tidaklah enak, hanya sayur mayur saja. 

5. Bagaimana strategi pemasaran HerBox?

Kami berusaha mematahkan mindset “Vegan is boring” atau “Makanan Vegan hanya untuk orang yang Vegan saja”

Kami berusaha meraih target non-Vegan yang ingin mencicipi makanan lezat namun tetap berasal dari tumbuhan/plant based. Kami mencoba memperkenalkan makanan Plant based kepada para Public Figure di tanah air, dan diluar ekspektasi, antusiasme mereka akan Plant based food sangatlah besar. Kami yakin bahwa jika makanan Plant based tidak akan kalah dengan non-vegan, selama bisa mengolah makanan dengan baik dan menarik.

6. Bagaimana Everplate telah membantu Anda mengembangkan bisnis Herbox?

Everplate tidak hanya sekedar Cloud Kitchen yang memberikan space kepada para merchant  FNB namun juga memberikan banyak kontribusi, seperti aktivasi layanan dengan jasa delivery online, serta memberikan advise dan masukan dalam strategi pemasaran HerBox sehingga kami juga semakin berkembang di dunia FNB. Thank you Everplate!

7. Menurut pak Felix, apakah Cloud Kitchen masa depannya industri F&B terutama di Indonesia?

Tentunya, YA! Dari sisi pelaku bisnis FNB, dengan ada nya Cloud Kitchen, maka sangat memungkinkan untuk melakukan ekspansi dengan cost yang lebih terjangkau.  Selain itu siapa saja kini dapat memiliki usaha FNB tanpa perlu takut memulai dari nol karena akan di assist oleh advisor dari Cloud Kitchen.

Reddog 

  1. Apa arti dari nama RedDog?
    Diambil dari 2 kata: Red dan Dog. Red melambangkan salah satu menu kami yaitu Tteokbokki yang pedas, Dog diambil dari Korean Hot Dog, menu lain yang kami tawarkan, biasa dikenal dengan corndog, adonan roti dengan sosis dan mozarella, dibalut dengan potongan kentang di luarnya.
  2. Apa yang membuat RedDog berbeda?
    RedDog bertujuan untuk menyajikan makanan Korea yang enak dan terjangkau. Kami memiliki teknik pembuatan yang cukup rumit dengan rasa yang otentik, dan harga yang terjangkau, juga penerapan konsep made to order, open kitchen, dan saus sepuasnya.
  1. Apakah kesan RedDog setelah bekerja sama bersama Everplate?
    Bekerja sama dengan Everplate bukan hanya memudahkan RedDog dari segi peralatan, konstruksi, serta dapur yang dibutuhkan, namun juga akses untuk dapat mengantar makanan secara online, melalui kerja sama dengan platform online delivery, seperti GoFood dan GrabFood. Semuanya sudah diurus oleh Everplate, sehingga kami hanya perlu menjalankan bisnisnya saja. Ditambah, di bulan Mei 2020 sempat ada data yang menyatakan bahwa penjualan melalui platform online delivery meningkat hingga 300%.

Fried Chicken Master

  1. Apa sebenarnya Fried Chicken Master itu sendiri?
    Fried Chicken Master adalah brand dari Taiwan yang cukup populer, bisa dikombinasikan dengan beragam topping, rasa dan saus. Menurut kami, hal ini dapat sesuai dengan selera pasar di Indonesia. Berawal di Jakarta Selatan, hingga kini kami sudah memiliki hampir 20 outlet.
  2. Bagaimana Fried Chicken Master dapat beradaptasi dengan pandemi?
    Dinamika pasar memang cepat berubah, namun kita harus beradaptasi dan tetap konsisten menjaga kualitas. Salah satunya adalah dengan menggunakan cloud kitchen dari Everplate, lebih ekonomis, produk kita dapat disebarkan, sehingga bisnis dapat berjalan dan berkembang secara lebih baik.
  3. Bagaimana Everplate telah membantu perkembangan Fried Chicken Master?
    Dengan konsep cloud kitchen di mana semua fasilitas sudah disiapkan dan berada di lokasi-lokasi yang strategis, Everplate membantu Fried Chicken Master dalam menjangkau pasar yang lebih luas lagi.
  4. Apa rencana Fried Chicken Master di masa depan?
    Kami ingin memperluas pasar sehingga dapat membawa kebahagiaan rasa Fried Chicken Master ke lebih banyak lagi orang.
  5. Apa pendapat Fried Chicken Master tentang masa depan industri F&B?
    Walaupun industri ini memiliki banyak tantangan, namun akan bisa bertahan melalui adaptasi atau ikut berubah dengan pasar dan situasi yang sedang terjadi. Peran cloud kitchen juga cukup besar karena tidak hanya membantu industri F&B, namun juga pembeli untuk beradaptasi.
  6. Apakah ada saran dari Fried Chicken Master untuk mereka yang mau mencoba ekspansi bisnis?
    Yang pertama, jalankanlah bisnis dengan sepenuh hati, dedikasi dan tekad. Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru. Pastikan tujuannya bukan hanya mencari uang atau menjalankan bisnis, tapi untuk memberikan yang terbaik untuk pembeli.

Sudahkah kami memicu minat pada cloud kitchen?

Platform digital virtual kami menawarkan Anda pilihan yang tepat dan modern untuk restoran anda, tidak terpaku pada ukuran atau gayanya. Kami menyediakan solusi-solusi khusus apapun kebutuhan anda. Hubungi kami hari ini!


More insights
 & stories

There’s more where that came from.
 Get in the know and check out our addtional insights