August 13, 2021

10 Saran Terbaik untuk Megembangkan Restoran Anda

10-saran-terbaik-untuk-megembangkan-restoran-anda

Mengembangkan bisnis pesan-antar makanan Anda dapat terlihat seperti suatu hal yang mustahil. Berikut adalah 10 saran dalam mengendalikan perkembangan dalam bisnis Anda.

Di Indonesia, inovasi bisnis makanan dan minuman selalu menjadi kompetisi yang sangat ketat. Dengan banyaknya pelanggan yang memilih untuk memesan secara online dikarenakan pandemi, industri ini menghadapi masa transformasi yang sangat besar.

Banyak restoran diperkirakan tidak akan mendapatkan kesempatan untuk membuka usahanya kembali saat pandemi selesai. Untuk mencapai kesuksesan di tengah masa-masa sulit, banyak restoran harus mencari cara lain dalam berjualan. Makanan yang enak dan suasana yang nyaman tidak lagi cukup untuk dapat mencapai kesuksesan.

Di Everplate, kami sedang berada di puncak inovasi bisnis makanan dan minuman dengan CloudKitchens® kami. Kami melihat banyak restoran berkembang dan yang lainnya mengalami kegagalan, dan kami tahu persis bagaimana caranya untuk sukses di tengah pasar yang sedang menantang. Berikut adalah 10 petunjuk untuk mengembangkan restoran Anda.

1. Membuka CloudKitchens®

membuka-cloud-kithchen-indonesia

Tidak ada masalah dengan ukuran atau tipe restoran Anda, CloudKitchens® adalah solusi yang dapat dijalankan. Pendek kata, inilah tempat di mana Anda dapat mengoperasikan dapur khusus untuk pengiriman makanan saja, tidak perlu lagi memikirkan hal-hal tambahan dalam sebuah restoran, seperti kantor, kamar kecil, ruang yang cukup untuk beberapa pengunjung dapat berjalan di dalamnya dan lainnya. Setelah Anda memasak, pihak ketiga atau layanan pengiriman yang akan mengantarkan makanan Anda kepada pembeli.

Keuntungan dari menggunakan CloudKitchens® ini adalah kemudahannya. Mereka membawa sebuah bisnis restoran kepada dasarnya dan mengizinkan pebisnis makanan untuk fokus pada memasak makanan yang lezat – tidak perlu mengurus hal-hal logistik dan pekerjaan tulis-menulis yang memakan banyak waktu. CloudKitchens® ini juga jauh lebih murah – untuk biaya di muka dan juga secara operasional, memberikan keuntungan kepada restoran-restoran sebesar 15% atau lebih, perbandingan yang mencolok terhadap katering tradisional yang hanya mencapai 3-6%.

2. Ambil Waktu untuk Mencari Pemasok yang Lebih Baik

ambil-waktu-untuk-mencari-pemasok-yang-lebih-baik

Semua restoran yang bagus memiliki pemasok yang baik. Mencari pemasok yang menawarkan bahan-bahan dengan kualitas yang bagus dengan harga terjangkau akan membantu restoran Anda tidak hanya dalam menghasilkan masakan dengan kualitas yang baik, namun juga meningkatkan keuntungan. Waktu dan upaya Anda dalam mencari pemasok yang terbaik untuk bahan-bahan yang dibutuhkan akan terbayarkan dalam jangka waktu yang panjang.

3. Menjunjung Standar yang Tinggi dalam Produksi Makanan

menjunjung-standar-yang-tinggi-dalam-produksi-makanan

Bila Anda telah memberikan kesan yang baik kepada pembeli dengan makanan yang lezat pada kunjungan pertama mereka, Anda perlu untuk mempertahankan kualitas tersebut untuk membuat mereka kembali lagi dan menjadi pelanggan yang setia. Mereka hanya membutuhkan satu pengalaman buruk untuk meninggalkan usaha Anda.

Faktor-faktor seperti kualitas makanan seringkali berubah di masa-masa mengembangkan bisnis. Tetapkan takaran yang tepat untuk memastikan bahwa masakan Anda selalu konsisten menggunakan standar yang tinggi, di manapun lokasinya.

4. Bekerjasama dengan Jasa Pengiriman sebagai Pihak Ketiga

bekerjasama-dengan-jasa-pengiriman-sebagai-pihak-ketiga

Salah satu aspek terbesar dalam inovasi bisnis makanan dan minuman adalah lonjakan dari perusahaan penyedia jasa antar makanan online. Di Indonesia, bisnis tersebut diperkirakan akan sangat menghasilkan. Jika restoran Anda belum siap untuk bekerjasama dengan jasa antar makanan atau sejenisnya, ini saatnya meneliti untuk melakukannya. Mereka yang memutuskan untuk tidak mengambil risiko, pada akhirnya menjadi yang terbelakang.

5. Perhatikan Isi dari Website Anda

perhatikan-isi-dari-website-anda

Memiliki presentasi secara online yang dapat Anda atur adalah kunci untuk memberikan kesuksesan yang seharusnya pada restoran Anda. Website yang baik adalah yang didesain dengan baik, menggunakan gambar-gambar yang menarik, mudah digunakan, dan lengkap. Seharusnya terdapat kontak yang dapat dihubungi, jam buka, informasi seputar restoran Anda, dan menu yang dapat diakses. Pastikan menu Anda juga diperbaharui secara teratur dengan perubahan yang ada untuk menggambarkan makanan yang Anda tawarkan juga dilengkapi dengan deskripsi yang tepat.

6. Gunakan Ulasan Secara Online yang Dapat Menguntungkan Anda

gunakan-ulasan-secara-online-yang-dapat-menguntungkan-anda

Ulasan secara online adalah salah satu dari hal-hal penting yang dicari orang saat sedang mempertimbangkan untuk memilih makanan. Apakah ulasan secara menyeluruh di Google atau penilaian melalui aplikasi pihak ketiga, doronglah pembeli untuk menyatakan kesukaan mereka pada makanan Anda.

7. Data Analisis

data-analisis-cloud-kitchen

CloudKitchens® akan memudahkan Anda dalam mengumpulkan data, dibandingkan dengan jika Anda tidak menggunakannya. Bagaimanapun Anda mendapatkannya, mengikuti data restoran akan memberikan Anda wawasan yang bernilai untuk meningkatkan restoran Anda. Anda akan mengetahui makanan yang paling dikenal, masalah-masalah yang ada, dan menu apa yang sangat terlihat menguntungkan Anda. Dengan informasi tersebut, Anda dapat mengendalikan pengembangan bisnis dan meningkatkan keuntungan yang tidak pernah Anda pikirkan dapat tercapai sebelumnya.

8. Memiliki Banyak Persediaan Foto dan Video yang Menarik

memiliki-banyak-persediaan-foto-dan-video-yang-menarik

Satu faktor yang hampir dimiliki semua restoran dan bisnis pesan-antar makanan adalah gambar yang menarik. Terkadang, foto yang menarik dapat mendorong seseorang untuk memesan dari Anda dibandingkan dengan kompetitor. Pertimbanganlah untuk mempekerjakan seorang ahli yang dapat menyediakan foto dan video yang dapat Anda gunakan di beberapa platform dalam waktu yang bersamaan.

9. Menggunakan Teknik Promosi

menggunakan-teknik-promosi

Menggunakan promosi musiman adalah cara yang luar biasa untuk meyakinkan bahwa pengenalan akan restoran Anda sudah cukup kuat dan juga untuk menarik pembeli-pembeli baru. Coba pikirkan untuk membuat promosi berulang yang dapat secara konsisten menarik pembeli ke restoran Anda. Misalnya, Taco di setiap hari Selasa, atau tawarkan paket perayaan ulang tahun.

Bagi Anda yang hanya menawarkan jasa pesan-antar makanan, Anda perlu untuk menjadi lebih kreatif lagi. Pertimbangkan untuk membuat menu yang musiman atau tawarkan jasa seperti katering untuk pesta bagi mereka yang ingin mengadakan acara kumpul-kumpul di rumah.

10. Hargai Pegawai Anda

hargai-pegawai-anda

Karyawan-karyawan Anda adalah aset yang paling penting. Tanpa tenaga kerja yang dapat dikendalikan, produktivitas Anda akan menurun dan tujuan untuk mengembangkan bisnis menjadi sebuah kesulitan. Tawarkan karyawan-karyawan Anda keuntungan-keuntungan yang tidak hanya mendorong untuk mereka bekerja lebih giat, namun juga membantu untuk mereka merasa diperhitungkan pada kesuksesan restoran, sama seperti Anda.

Ada Pertanyaan Lain?

Jika Anda memiliki pertanyaan yang ingin ditanyakan, jangan ragu untuk bertanya. Kami adalah ahlinya di industri ini, dan sangat terbuka untuk memberikan masukan serta kritik untuk membantu Anda memulai pengembangan bisnis melalui inovasi bisnis makanan dan minuman seperti CloudKitchens®. Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami hari ini!


More insights & stories

There’s more where that came from. Get in the know and check out our addtional insights

Gabung Dengan Everplate

Kamu punya pertanyaan lebih lanjut atau mau dijadwalkan tur ke dapur kami? Bantu isi form dibawah ini ya!

Nama Lengkap
Nomor Telepon
Nama Perusahaan
Email

Estimasi Pesanan Mingguan

Lokasi Pilihan

Thanks for contacting us!

We'll reach out shortly so we can understand your business and needs better.