July 12, 2021

10 Tips Memperluas Bisnis Food Delivery Kamu di Indonesia

cara-meningkatkan-bisnis-food-delivery-indonesia

Munculnya pandemi sangat mengganggu bisnis restoran dine-in di Indonesia. Alhasil semua orang harus memilih antara memasak, take away, atau delivery. Perubahan kebiasaan dan pandemi membuat semakin banyak restoran bergabung dalam industri bisnis food delivery. Akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar, mitra di GoFood meningkat sebanyak 40%.

Fakta ini menunjukkan bahwa disamping kebiasaan yang berubah, pandemi juga membuat bisnis makanan lebih berfokus ke delivery. Artinya akan semakin signifikan pula kompetisi di dunia delivery. 

Bagaimana cara kamu unggul dalam kompetisi food delivery?

Karena bisnis delivery makanan mendapatkan customer dari media digital, kamu harus sadar bagaimana cara menciptakan traffic dan pertumbuhan untuk bisnis kamu. Faktor fisik seperti lokasi, desain interior, dan sikap karyawan tidak secara efektif meningkatkan performa online kamu, karena bisnis delivery makanan tidak melayani makan di tempat. Sebaliknya, justru cara kamu memasarkan bisnis di dunia digital akan memberikan dampak yang signifikan. 

Sebagai supplier CloudKitchens®, kami berpengalaman dalam mendorong kesuksesan bisnis delivery. Simak tips berikut!

1. Miliki Media Profesional

miliki-media-profesional-bisnis-fnb-makanan

Keraguan pelanggan tentang ingin pesan makan di restoran mana adalah hal yang paling mudah dipengaruhi. Visual yang menarik, makanan yang menggugah selera, dan media yang  profesional dapat membuat mereka memesan makanan kamu. Kamu harus punya foto makanan yang menarik agar mereka mau membelinya.

Foto-foto ini sepenuhnya dapat digunakan ulang, artinya kamu bisa menggunakannya untuk banyak hal, dan media yang berbeda selama kamu tidak mengubah menu. 

2. Daftarkan diri pada dark kitchen terbaik

dark-kitchen-terbaik-di-indonesia-everplate

Dengan semakin banyaknya restoran yang bertransisi ke delivery, jelas bisnis harus lebih ramping. Salah satu opsi efisien adalah mendaftarkan restoranmu di ruang CloudKitchens® terbaik. 

Singkatnya, dark kitchen adalah ruang yang berfokus melayani pesanan delivery dan tidak memiliki area dine in sama sekali. Ide dibaliknya adalah untuk meningkatkan teknologi di dapur ke tingkat yang lebih tinggi dengan mendefinisikan ulang operasionalnya dan menghilangkan hambatan yang dihadapi restoran biasa.

Dengan hanya berfokus pada delivery, kamu bisa fokus pada jumlah pesanan yang  diterima dan seberapa cepat kamu memasaknya. Karena kamu tidak melayani pelanggan makan di tempat, kamu bisa memilih lokasi yang agak jauh dari kota. Sewa ruang di tempat-tempat seperti daerah pemukiman selain murah juga menawarkan akses ke pelanggan baru dan tetap. 

3. Terus upgrade website kamu

upgrade-website-restoran-makanan-indonesia

Karena bisnis kamu adalah jasa delivery, channel marketing akan menjadi pusat operasional. Satu aspek operasional yang penting adalah website yang akan menjadi media promosi dan referensi kepada konsumen agar mereka bisa tahu makananmu. 

Sebagian besar restoran tidak memiliki tim yang mampu membangun situs seperti itu, jadi konsultasi dengan agen spesialis akan sangat membantu. Tim ini akan membantu kamu mengoptimalkan website kamu dan menjalankan iklan di mesin pencarian. Semuanya akan membantu kamu membuat website yang membawa banyak traffic dan pertumbuhan.

Bonusnya, jika kamu beroperasi di CloudKitchens®, kamu akan mendapat kesempatan mengembangkan virtual brand yang terhubung ke semua orang. Hal ini sangat penting bagi restoran yang ingin fokus ke delivery karena kamu tidak memiliki restoran fisik.

4. Maksimalkan harga berdasarkan lokasi permintaan

memaksimalkan-harga-berdasarkan-lokasi-permintaan

Mengoptimalkan harga adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keuntungan dan kesuksesan bisnis. Pertama, punya banyak cabang akan memakan biaya sewa yang bervariasi – faktor yang signifikan ketika mempertimbangkan untuk membuka cabang. Menggunakan inovasi teknologi dan database, kami membantu tenant menganalisis apakah lokasi tertentu kekurangan makanan tertentu. Jika iya, maka ada kesempatan bagi kamu meningkatkan harga sesuai logika permintaan dan penawaran. Terakhir, dengan melacak semua informasi pemesanan, kamu dapat melihat makanan apa yang paling populer dan memberikan keuntungan. Gunakan informasi tersebut untuk mengoptimalkan harga dan membuat restoran kamu semakin menguntungkan.

5. Pelihara brand online kamu lewat media sosial

brand-online-media-social-facebook-instagram-restoran-indonesia

Faktanya, tidak semua orang akan mengunjungi website kamu. Banyak orang suka mencari informasi atau follow sosial media sebuah restoran seperti Facebook dan Instagram. Punya akun bisnis pada dua media ini akan meningkatkan exposure dan brand awareness pada brand kamu. Kedua media ini akan sangat membantu kamu bertumbuh.

Sebagai tambahan, bekerja sama dengan key opinion leaders (KOL – seseorang yang kehadirannya diketahui secara luas di sosial media), akan membantu kamu menjangkau customer yang potensial.

6. Pastikan juga kehadiran offline kamu

kehadiran-offline-bisnes-fnb-makanan-food-delivery

Walaupun media online menghadirkan peluang untuk merepresentasikan bisnis secara efisien, pemasaran offline jangan diabaikan sepenuhnya. 

Restoran tradisional biasanya mengandalkan spanduk atau bentuk lain untuk menarik calon pelanggan yang lewat. Untuk layanan online, pamflet, selebaran, dan kartu nama dapat digunakan untuk membantu meningkatkan brand awareness. Ini akan sangat membantu dalam jangka panjang untuk menciptakan pelanggan yang loyal. 

7. Dorong konsumen kamu memberikan ulasan

dorong-konsumen-memeberi-ulasan-restoran-online-google-review

Dalam menjalankan bisnis delivery makanan, kamu tahu bahwa review pelanggan itu berharga. Memelihara dan mengembangkan reputasi bisnis restoran online kamu akan mendorong banyak orang untuk memesan dan membuat bisnis bertumbuh. 

Review online bisa dalam bentuk bintang pada aplikasi ojek online, review di Google, atau di mana pun customer menghubungi kamu secara online.

8. Tingkatkan customer retention rate

customer-retention-restoran-bisnis-fnb-indon

Sekali kamu mendapatkan customer, kamu ingin mereka terus kembali memesan. Hal ini akan membantu mempertahankan aliran modal yang lancar pada bisnis. Lakukan dengan cara memprioritaskan kualitas produk dan konsistensi, memberikan reward atas loyalitas mereka, tingkatkan performa restoran berdasarkan feedback, dan masih banyak lagi.

9. Manfaatkan Email Marketing

email-marketing-bisnis-fnb-makanan-cloud-kitchen-indonesia

Meskipun sering dianggap terlalu spam, email marketing secara konsisten digolongkan sebagai salah satu cara paling efektif untuk berinteraksi dengan konsumen. Setiap orang seringkali terbiasa dengan promosi dan diskon, semuanya dapat kamu informasikan melalui email marketing. Selain itu, email marketing adalah metode yang baik untuk membuat pelanggan kamu selalu tahu berita apapun.

10. Pahami apa yang membuat restoran kamu disukai sejak awal

pahami-restoran-jakarta-indonesia-cloud-kitchen

Selalu ada alasan mengapa konsumen secara konsisten tertarik pada bisnis kamu. Antara bisnis delivery makanan kamu menawarkan burger dengan harga terbaik di Jakarta atau kamu spesialis fine dining, kamu perlu menemukan dan fokus pada kekuatan restoranmu. Restoran yang agak baik di beberapa aspek namun tidak fokus pada satu kelebihan tidak akan membantu mendapatkan followers di dunia F&B dan akan membuat pertumbuhan menjadi sulit.

Ada pertanyaan?

Everplate adalah supplier CloudKitchens® terkemuka di Jakarta. Kami memahami bahwa menumbuhkan bisnis makanan di masa-masa ini sulit, dan kami hadir untuk membantu kamu meraih kesuksesan melalui solusi kami. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.


More insights & stories

There’s more where that came from. Get in the know and check out our addtional insights

Gabung Dengan Everplate

Kamu punya pertanyaan lebih lanjut atau mau dijadwalkan tur ke dapur kami? Bantu isi form dibawah ini ya!

Nama Lengkap
Nomor Telepon
Nama Perusahaan
Email

Estimasi Pesanan Mingguan

Lokasi Pilihan

Thanks for contacting us!

We'll reach out shortly so we can understand your business and needs better.