10 Tips Berjualan di Aplikasi Pengiriman Makanan

staff-preparing-food-delivery-order

Jadi, anda telah membuat keputusan yang tepat untuk mulai menjual makanan anda di aplikasi pengiriman pihak ketiga. Di Indonesia, seperti banyak negara lain di dunia, platform seperti GrabFood, GoFood, dan Shopee Food telah mendominasi industri F&B beberapa tahun terakhir ini. Tidak mengherankan jika Anda mempertimbangkan berapa banyak orang yang mulai memesan makanan secara online daripada makan di restoran: pada tahun 2024, 11 juta orang Indonesia diharapkan menjadi pengguna layanan pesan-antar makanan.

Tetapi menjual makanan anda secara online tidak sesederhana mengunggah menu anda ke platform ini. Dengan begitu banyak restoran lain yang melakukan hal yang sama, hanya ada ruang untuk restoran yang menonjol dari keramaian. Baca terus untuk mengetahui 10 kiat teratas kami untuk meningkatkan jumlah penjualan yang anda lakukan melalui aplikasi pengiriman makanan.

1. Kategorikan menu anda & optimalkan untuk pencarian

smart-phone-order-food-online-instagram

Banyak platform pengiriman makanan memberi anda kemampuan untuk menyesuaikan tata letak dan mengkategorikan menu anda. Di GrabFood, misalnya, Anda dapat memilih antara menu statis, ala carte, dan formulir kecil. Masing-masing telah dirancang agar sesuai dengan berbagai jenis menu restoran: menu bentuk kecil sangat ideal untuk restoran yang menawarkan hidangan “buat sendiri” atau yang memiliki banyak pilihan penyesuaian, sementara menu ala carte lebih ditujukan untuk merek yang menjual hidangan individu.

Belum lagi, karena menu anda di aplikasi ini adalah semua yang harus dilalui pelanggan saat memutuskan apakah akan memesan makanan anda atau tidak, anda ingin mereka dengan mudah memahami jenis makanan yang anda jual. Banyak aplikasi memungkinkan anda untuk mengkategorikan makanan anda dalam beberapa bagian – seperti makanan utama dan sampingan, atau burger dan minuman.

Terakhir, pastikan anda menggunakan tag kategori yang tepat untuk restoran anda. Biasanya anda akan diizinkan untuk memasukkan beberapa di antaranya yang harus merangkum jenis makanan dan masakan apa yang anda tawarkan. Mereka akan digunakan untuk membantu pelanggan menemukan restoran anda dalam pencarian melalui aplikasi – jadi sangat penting untuk menyelesaikan langkah ini dengan benar.

2. Harga sesuai dengan makanan anda

Jika pesaing anda menurunkan harga, tetapi anda menawarkan makanan dengan kualitas yang sama, anda akan kehilangan sebagian besar basis pelanggan anda. Lihatlah ke sekeliling restoran serupa – pesaing anda – dan lihat bagaimana mereka memberi harga makanan mereka. Tempatkan diri anda pada posisi pelanggan anda, dan lihat apa yang tampak lebih menarik.

Dengan kebijakan penetapan harga yang dipikirkan dengan matang dan strategis, anda dapat menghasilkan banyak keuntungan dari makanan anda sambil tetap menarik bagi pelanggan dan membangun basis pelanggan setia anda. Jika anda memiliki beberapa lokasi dengan merek yang sama, pertimbangkan untuk menetapkan harga secara berbeda berdasarkan lokasi. Harga sewa tidak hanya akan berbeda di daerah yang berbeda, tetapi mungkin tidak ada restoran serupa lainnya di sekitar – artinya anda dapat membebankan sedikit uang jasa.

3. Jangan berhemat pada fotografi makanan profesional

professional-food-photography

Di dunia pengiriman makanan, visual yang bagus adalah segalanya. Dengan begitu banyak pilihan yang mereka lihat, pelanggan anda akan lebih cerdas dari sebelumnya dalam memilih makanan yang terlihat enak. Daripada memotret makanan anda dalam pencahayaan yang buruk di smartphone anda, sewalah seorang profesional untuk mengambil foto yang berkualitas. Masak dan siapkan makanan Anda sebaik mungkin dan abadikan dalam foto yang mengundang selera sehingga anda dapat mengisi semua platform Anda.

Gambar yang sama dapat digunakan di situs web dan media sosial anda, serta gambar platform pesan-antar anda, daftar makanan individu, dan banyak lagi.

Di Everplate, kami menawarkan paket Growth Marketing bersama dengan penyewaan cloud kitchen kami di Indonesia. Bagian dari paket ini termasuk membantu anda mengambil foto-foto ini, mencapai keseimbangan sempurna antara foto-foto yang meyakinkan pelanggan anda untuk memilih anda sekaligus mencerminkan hidangan yang akan mereka terima.

4. Luangkan waktu untuk menulis deskripsi makanan yang tepat

Setelah melihat gambar, deskripsi makanan adalah hal pertama yang akan dihubungi calon pelanggan anda di aplikasi pesan-antar. Platform pesan-antar makanan seperti GrabFood memudahkan orang untuk melihat-lihat dan membandingkan hidangan yang berbeda dari restoran yang berbeda, jadi sangat penting untuk membuat deskripsi yang baik.

Menghabiskan semua waktu yang anda butuhkan untuk menulis deskripsi makanan yang akurat, menarik, dan terdengar bagus akan terbayar ketika pelanggan baru mulai memesan makanan anda daripada pesaing anda. Pada titik ini, semua akan tergantung pada kualitas makanan anda untuk menyenangkan pelanggan anda agar mereka terus datang kembali.

5. Beri pelanggan Anda kesempatan untuk menyesuaikan

Dunia modern penuh dengan pilihan. Sekarang, lebih dari sebelumnya, pelanggan menginginkan opsi penyesuaian. Tren ini meluas dari industri pakaian hingga layanan bisnis, tetapi juga sangat terlihat di industri F&B. Pelanggan tidak lagi ingin memiliki hidangan yang sama seperti orang lain – dan setiap orang memiliki preferensi mereka sendiri. Beberapa mungkin lebih suka saus ekstra pada burger mereka, sementara yang lain mungkin lebih suka pilihan yang kurang pedas atau bahkan hidangan tanpa saus apapun.

Memberi pelanggan anda kebiasaan dengan mudah untuk menyesuaikan pesanan mereka dengan spesifikasi yang tepat dapat memberi restoran anda keunggulan atas pesaing anda. Ini dapat dilakukan secara langsung melalui platform pesan-antar makanan, dan pelanggan akan senang mengetahui bahwa restoran anda bersedia berusaha sekuat tenaga untuk menyiapkan hidangan persis seperti yang mereka inginkan.

6. Tawarkan penawaran makanan

Bergantung pada jenis masakan yang dijual restoran anda, penawaran makan bisa menjadi cara yang menguntungkan untuk menghasilkan lebih banyak uang dan menjual lebih banyak hidangan. Restoran gaya barat biasanya melakukan ini dengan, misalnya, burger, kentang goreng, dan minuman, tetapi penawaran ini bisa dilakukan untuk hampir semua hal.

Penawaran makanan dapat diatur melalui platform pesan-antar itu sendiri, dan saat orang memesan melalui aplikasi, mereka akan diminta untuk memesan makanan pendamping dan minuman bersama dengan hidangan utama mereka. Menawarkan diskon untuk penawaran makanan adalah insentif yang bagus untuk meningkatkan penjualan. Sebagai bonus tambahan, makanan ini dapat dikemas bersama, menghemat uang anda dan mengurangi dampak lingkungan anda.

7. Masak makanan anda secara efisien

three-indonesian-chefs-cooking-in-cloud-kitchen-everplate

Setiap platform pengiriman memiliki perkiraan waktu pengiriman. Semakin cepat anda memasak makanan dan sampai di tangan pelanggan, semakin cepat perkiraan waktu restoran anda. Ini adalah sesuatu yang akan dilihat pelanggan saat mempertimbangkan pilihan – waktu penyelesaian yang cepat dapat meyakinkan mereka yang ingin memesan. Belum lagi, jika anda memasak makanan anda dengan lambat dan masakan anda jauh dari apa yang mereka pikirkan, mereka cenderung tidak akan memesan dari anda lagi. Sebagai tip bonus, pastikan anda memasak makanan dengan cara yang akan bertahan selama proses pengiriman.

8. Kemas makanan anda dengan baik

Proses pengiriman bisa jadi kacau pada makanan anda. Khususnya untuk hidangan yang lebih halus, penting untuk mengemasnya dengan ketat dan aman dengan maksud makanan tiba pada pelanggan anda, sesuai dengan apa yang anda hidangkan pada saat selesai memasak hidangan tersebut. Makanan yang berantakan atau rusak akan meninggalkan kesan buruk bagi pelanggan anda, meskipun rasanya enak.

Kemasan yang baik juga dapat mempertimbangkan berbagai bahan yang lebih ramah lingkungan, meniadakan efek kondensasi, dan menyertakan segel bermerek untuk memberikan ketenangan pikiran kepada pelanggan anda bahwa tidak ada yang menyentuh makanan pelanggan anda sejak makanan keluar dari dapur. 

9. Beri tahu pelanggan anda untuk meninggalkan ulasan

happy-customer-using-smart-phone-review

Ulasan adalah segalanya di dunia online. Pertimbangkan untuk meninggalkan catatan pada kemasan makanan anda atau kartu kecil untuk mengingatkan mereka agar memberikan ulasan. Peringkat bintang restoran anda pada aplikasi pesan-antar makanan adalah faktor utama untuk platform yang menampilkan restoran anda kepada pengguna mereka, serta orang-orang yang memutuskan dari mana harus memesan.

10. Masukkan link platform pesan-antar anda ke dalam website anda

Dunia online adalah tempat yang saling berhubungan. Mengoptimalkan SEO situs web anda adalah aspek penting dalam menjalankan bisnis pesan-antar makanan yang sukses – pelajari tentang ini secara mendetail dengan membaca blog kami sebelumnya. Satu hal sederhana dan mudah yang dapat anda lakukan untuk membuat situs web anda lebih berguna adalah dengan meletakkan link platform pesan-antar anda di sana. Menurut GrabFood, hal ini dapat meningkatkan traffic anda di platform mereka sebesar 5% – artinya ini sepadan dengan waktu dan usaha anda.

Hubungi Kami

Ada pertanyaan tentang memasarkan restoran anda di platform pesan-antar atau menjalankan bisnis cloud kitchen? Kirim pesan kepada kami.


More insights
 & stories

There’s more where that came from.
 Get in the know and check out our addtional insights