September 24, 2021

Panduan Membuka Bisnis Cloud Kitchen di Indonesia

everplate-panduan-membuka-cloud-kitchen-indonesia

2020 telah menjadi tahun yang berat bagi semua pelaku industri F&B. Pandemi menghancurkan industri pada awalnya, namun hal itu juga mendorong sebuah inovasi.

CloudKitchens® pernah menjadi sebuah solusi untuk beberapa merek bisnis kuliner. Terutama dalam beberapa tahun terakhir ini, CloudKitchens® di Indonesia telah berkembang jumlah peminatnya dan menjadi pilihan terbaik bagi para pemilik restoran yang ingin memodernisasi bisnis mereka yang sudah ada, atau untuk mereka yang baru saja memulai. Lalu, bagaimana cara Anda memilih tempat untuk membuka cloud kitchen yang sesuai dengan segmen pasar bisnis Anda, dan apa lagi yang perlu anda tahu?

Sebagai penyedia CloudKitchens®, kami sangat berpengalaman dengan apa yang diperlukan untuk membuat bisnis kuliner sukses dengan cloud kitchen. Berikut panduan dari kami untuk Anda yang akan memulai perjalanan bisnis F&B dengan konsep CloudKitchens®.

Kenapa Harus CloudKitchens®?

everplate-cloud-kitchen-pintu-air-facility

CloudKitchens® Mereka bekerja sama dengan layanan pesan-antar pihak ketiga, dan telah menunjukkan bahwa cloud kitchen merupakan cara yang lebih efektif dan hemat biaya dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis restoran. Pandemi Covid-19 sendiri juga telah mengubah dan mempercepat tren kebiasaan konsumen dalam membeli makanan melalui layanan pengiriman makanan.

Untuk pemilik bisnis F&B, CloudKitchens® menyediakan cara untuk memodernisasi dan mempersingkat proses bisnis mereka. Dengan menghilangkan hambatan yang biasa ditemukan di restoran konvensional, menurunkan biaya operasional, dan juga menghilangkan aspek yang memakan waktu dalam menjalankan bisnis seperti asuransi dan pekerjaan renovasi, CloudKitchens® menawarkan jalan menuju kesuksesan bagi pemilik restoran.

Tentukan Lokasi

everplate-anggrek-indonesia-cloud-kitchen-building-location

Jika Anda memutuskan untuk membuka CloudKitchens®, hal yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah mencari lokasi yang tepat. Seperti membuka restoran makan di tempat,  lokasi cloud kitchen yang Anda miliki dapat menentukan apakah akan sukses besar atau gagal hingga ditutup. Lokasi yang berbeda bisa memiliki harga sewa dan pelanggan yang berbeda juga, serta kurangnya jenis hidangan tertentu yang dijual, dan hal lainnya. Setelah itu, Anda harus mempertimbangkan berapa banyak ruang yang dibutuhkan. Apakah Anda menginginkan CloudKitchens® untuk satu atau beberapa merek, atau Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk  membuka cloud kitchen di beberapa lokasi di Indonesia.

Sebagai penyedia layanan, Everplate telah menganalisis data volume pesanan pengiriman makanan dan lainnya, sebelum memilih lokasi yang paling menjanjikan. Saat ini, kami memiliki CloudKitchens® di 8 lokasi berbeda di seluruh Indonesia, termasuk Kemang, Kemanggisan, Meruya, Kelapa Gading, Pasar Baru, Senen, Permata Hijau dan Sudirman.

Persiapkan Administrasi/Legal/Orientasi

restaurant-greeting-customers

Langkah selanjutnya dalam membuka CloudKitchens® adalah mempersiapkan semua dokumen. Hal yang harus dilakukan akan lebih sedikit dibandingkan dengan restoran konvensional, misalnya beberapa administrasi untuk disortir sebelum mulai beroperasi.

Pertama, Anda harus mengetahui dengan tepat jenis peralatan apa yang dibutuhkan untuk menjalankan dapur sesuai dengan keinginan Anda. Kami akan membantu menyediakan peralatan seperti tempat cuci piring, rak penyimpanan makanan kering atau lemari penyimpanan makanan beku, ventilasi, dan infrastruktur layanan seperti AC, wifi, keamanan, pembersihan, dan banyak lagi. Serta peralatan khusus lainnya yang dapat dengan mudah Anda pindahkan dan siapkan.

Selain itu, Anda mungkin ingin mengubah tata letak atau ukuran ruang dapur. Everplate menawarkan luas ruangan dapur mulai dari 100 kaki persegi hingga 230 kaki persegi, dan kami dengan senang hati mengakomodasi tata letak dan spesifikasi yang Anda perlukan untuk menjalankan dapur secara optimal.

Selanjutnya, Anda ingin memastikan bahwa semua staf, lisensi, dan pemasok Anda sejalan. Bekerja di CloudKitchens® berarti Anda dapat beroperasi dengan tim yang jauh lebih kecil dan terkonsolidasi – tetapi Anda masih perlu mengatur pemasok, asuransi, lisensi, dan  masih banyak lagi. Salah satu manfaat bekerja sama dengan pemasok CloudKitchens® seperti Everplate adalah, kami dapat membantu dalam proses ini. Kami mengatur asuransi untuk semua penyewa dapur kami, serta lisensinya. Tim kami akan membantu membuat perubahan ini menjadi proses yang lebih praktis sehingga Anda dapat fokus melakukan yang terbaik yaitu memasak hidangan lezat.

Siapkan Menu Makanan Terbaik

indonesian-food-feast-platter-traditional-dishes

Dengan semua hal lain yang perlu dilakukan, mudah untuk melupakan bahwa bagian paling terpenting dari restoran Anda, yaitu makanannya. Anda harus mengatur jaringan pemasok untuk mendapatkan semua yang dibutuhkan dengan harga yang terjangkau, sementara Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menyesuaikan lokasi yang berbeda (secara mandiri jika Anda memiliki lebih dari satu lokasi) apakah lokasi tersebut berada di zona berpenghasilan tinggi atau rendah, apakah ada restoran serupa di dekatnya, dan masih banyak lagi. Bergantung pada faktor-faktor sebelumnya yang disebutkan, Anda dapat memberi harga makanan dengan tepat dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar untuk bisnis kuliner Anda.

Selain itu, pengemasan adalah bagian penting dari menjalankan bisnis pengiriman makanan yang baik. Jika disajikan seperti di restoran makan di tempat, banyak hidangan akan menjadi basah atau justru rusak. Hidangan mie, misalnya, dapat dipisahkan dari kaldu sup untuk mempertahankan rasa dan tekstur terbaik, sementara kemasan plastik dapat membuat makanan menjadi basah karena kondensasi dan juga buruk bagi lingkungan.

Terakhir, Anda ingin mendaftar ke semua perusahaan pengiriman pihak ketiga yang Anda rencanakan untuk bermitra. Terdapat beberapa pusat bisnis pengiriman makanan yang akan membantu mengirimkan makanan dari dapur Anda ke pelanggan. Terdapat beberapa pilihan populer di Indonesia, seperti GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood.

Manfaatkan Teknologi

happy-customer-using-phone

Dapur modern terus ditingkatkan menjadi lebih ramping dan efisien. CloudKitchens® yang dimiliki oleh Everplate menyediakan tablet yang dapat digunakan untuk menjalankan semuanya. Semua pesanan dikelola secara terpusat dengan tablet tersebut, memungkinkan Anda untuk melacak pesanan dari semua platform pengiriman yang Anda gunakan di satu tempat. Anda juga bisa mendapatkan data dan wawasan tentang kinerja restoran Anda dan mengoptimalkannya. Hal ini dapat menunjukkan hidangan mana yang memiliki keuntungan tertinggi dan paling populer, serta mengetahui di mana letak masalah pada dapur Anda, dan masih banyak lagi.

Kembangkan Restoran Anda

Mengembangkan dengan cara memasarkan restoran Anda adalah bagian penting dari menjalankan bisnis pengiriman makanan yang sukses. Tanpa pelanggan yang cukup, tentu tidak ada gunanya menghabiskan begitu banyak waktu untuk mengoptimalkan bisnis F&B Anda.

Karena CloudKitchens® tidak memiliki tempat fisik seperti area untuk makan di tempat bagi pelanggannya, Anda bisa memasarkan bisnis F&B Anda melalui digital. Media sosial, website, iklan online – semua itu dapat dilakukan untuk membantu bisnis kuliner Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan dan meningkatkan pendapatan secara signifikan. Di Everplate, kami menyediakan konsultasi pemasaran pertumbuhan untuk membantu bisnis kuliner Anda agar lebih dikenal, terutama untuk Anda yang baru akan memulai perjalanan bisnis di industri F&B.

Hubungi Kami

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanj, silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami hari ini. Kami dapat mengatur jadwal tur dapur  untuk Anda dan dengan senang hati membantu mengembangkan bisnis F&B Anda.


More insights & stories

There’s more where that came from. Get in the know and check out our addtional insights

Gabung Dengan Everplate

Kamu punya pertanyaan lebih lanjut atau mau dijadwalkan tur ke dapur kami? Bantu isi form dibawah ini ya!

Nama Lengkap
Nomor Telepon
Nama Perusahaan
Email

Estimasi Pesanan Mingguan

Lokasi Pilihan

Thanks for contacting us!

We'll reach out shortly so we can understand your business and needs better.