Ghost Kitchens: Cara Cerdas Membuka Franchise Makanan Tahun Ini

Desain dan persiapkan kesuksesan bisnis franchise makanan kamu.

desain-persiapkan-bisnis-franchise-makanan-di-indonesia

Jika kamu mengalami kesulitan dalam membuka, menjalankan, atau memperluas restoran, kamu tidak sendiri.

Banyak franchise dan pengembang franchise memiliki masalah yang sama. Waktu, tenaga, biaya, dan rencana yang dibentuk saat membuka usaha di lokasi baru bisa menjadi masalah, terkhusus saat pandemi. Pergeseran perilaku konsumen menjadi gemar melakukan pesanan makanan online dan banyaknya opsi layanan pesan antar membuat pembukaan restoran fisik akan menjadi sulit.

Setelah efek virus Corona semakin mengakar di masyarakat, pilihan pesanan makanan secara online mencapai angka 70% dari jumlah restoran yang ada. Jika kamu ingin bisnis franchise makanan kamu bertahan dan berkembang di waktu yang sulit, mungkin inilah saatnya untuk beralih.

Faktanya, banyak yang sudah berpaling dari membuka restoran dine-in, melihat masa depan yang tidak dapat diprediksi di ukur dari waktu dan usaha yang dibutuhkan untuk membuka lokasi baru. Sebaliknya, lebih banyak franchise yang lebih cerdas dan berpikiran maju ke depan dengan membuka ghost kitchens.

Terkadang disebut sebagai dapur virtual, cloud kitchen, atau dark kitchen, ruang ini menawarkan cara yang lebih cepat dan mudah untuk mengembangkan bisnis kulinermu. Daripada mencoba mengakomodasi banyak restoran dine-in, ghost kitchen menggunakan sumber dayanya khusus untuk model bisnis pesan antar. Dengan memotong biaya dimuka dan biaya operasional yang digunakan untuk menjalankan restoran tradisional, ghost kitchen adalah opsi yang efisien dan efektif untuk berkembang dalam industri F&B.

Bekerja dengan penyedia dapur seperti Everplate membuat kamu dapat membuka ghost kitchen dan menjalankannya dalam beberapa minggu. Buka lokasi baru di sekitar Jakarta dan temukan para pelanggan baru – semua tanpa risiko yang tidak sepadan. Artikel ini akan membahas secara rinci perbedaan ghost kitchen dibandingkan bisnis franchise tradisional. Di akhir panduan, kamu akan tahu cara membuka  franchise menggunakan ruang ghost kitchen.

Comparison Report -2

Mengapa Harus Ghost Kitchen?

ghost-kitchen-di-indonesia-everplate

Bisnis franchise tidak pernah benar-benar kehabisan pilihan. Drive-thrus, restoran dine-in, dan food trucks adalah varian populer dari restoran fisik di Jakarta. Saat ini, dengan kehadiran virus Corona yang mengubah cara hidup, makan, dan bekerja, ghost kitchen memodernisasi cara pemilik restoran dan pemilik franchise dalam beroperasi.

Untungnya, semua konsepnya cukup mudah, dan sebagian besar restoran mampu untuk melakukan transisi. Di sisi lain, ghost kitchen adalah perkembangan natural dalam industri ini. Dengan semakin banyak orang memilih opsi pesan antar, tempat duduk yang tidak terpakai di restoran menjadi penghambat dalam operasional restoran. Ghost kitchen memungkinkan bisnis franchise makanan untuk mengeliminasi hambatan ini dan dengan cepat memperluas skala bisnisnya dengan hanya melayani industri pesan antar di Jakarta. Ghost kitchen menyediakan bisnis dengan semua alat dan ruang yang kamu butuhkan untuk berkembang, dengan harga yang lebih terjangkau.

Menurunkan biaya memungkinkan kamu untuk mengekspansi bisnis ke area potensial yang sebelumnya terkesan tidak realistis, dan dengan waktu persiapan yang lebih cepat, restoran kamu dapat dimulai lebih cepat dari sebelumnya.

Berikut adalah 5 cara ghost kitchen dapat membantu bisnis franchise makanan kamu tumbuh dengan cepat:

  • Menurunkan biaya dimuka dan biaya operasional

Sederhananya, membuka dan menjalankan ghost kitchen akan menghabiskan sebagian kecil dari biaya yang diperlukan untuk membuka restoran tradisional. Walaupun harga juga tergantung pada lokasi, ukuran, dan faktor lain, namun secara efektif menunjukkan perbandingan harga ghost kitchen yang lebih murah.

Bukan hanya biaya dimuka yang lebih murah, ghost kitchen juga menghabiskan biaya operasional lebih sedikit. Di restoran biasa, kamu harus mempekerjakan karyawan front of house – pelayan, bartender, pencuci piring, koki, dan masih banyak lagi. Banyak biaya gaji karyawan yang harus dikeluarkan dan lebih banyak karyawan untuk dilatih. Ghost kitchen hanya membutuhkan sedikit karyawan, memungkinkan kamu untuk menghemat biaya operasional sehingga kamu bisa fokus memenuhi pesanan yang kamu terima.

Selain itu, di ghost kitchen kamu akan secara signifikan mengurangi biaya sewa, makanan sisa, dan kebutuhan logistik untuk lokasi dine-in. Karena ghost kitchen menekankan efisiensi.

Dengan margin yang lebih tinggi, biaya lebih rendah, dan lebih banyak laba, kamu dapat duduk santai dan memantau bisnis franchise kamu memperoleh keuntungan dari industri pesan antar makanan yang sedang bertumbuh di Jakarta.

  • Ekspansi yang siap-pakai

Selain biaya finansial yang lebih masuk akal, salah satu keuntungan besar dari ghost kitchen adalah kecepatan persiapannya. Akan lebih mungkin untuk menggunakan ghost kitchen sebagai metode utama kamu untuk masuk ke pasar dan lokasi baru.

Mereka menyediakan alternatif lain untuk waktu yang kamu habiskan untuk membangun, merenovasi, atau tahap lain yang membuang waktu dalam mempersiapkan restoran tradisional. Hanya dalam satu bulan, kamu dapat mulai menjalankan solusi siap pakai ini.

Bayangkan pemilik franchise mencoba membuka usaha franchise baru. Mereka harus menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk negosiasi sewa, mengatur pekerjaan konstruksi atau pekerjaan renovasi, dan pelatihan karyawan. Sebagai perbandingan, yang perlu kamu lakukan dengan ghost kitchen hanyalah memasang peralatan dasar dan mulai mempekerjakan kokimu.

Dengan mengambil jalan ini, kamu akan dapat melihat laba dari investasimu (yang jauh lebih kecil) dalam waktu lebih cepat. Dalam beberapa kondisi, kamu bahkan dapat menghemat uang pada tahap awal mengembangkan bisnis – sesuatu yang jarang terjadi di restoran baru yang sering kali dipaksa untuk mengambil resiko besar dan bertaruh melalui industri yang sangat kompetitif.

Ekspektasi kami terhadap waktu yang dibutuhkan ghost kitchen untuk mencapai break even atas investasinya adalah selama 6 bulan, dibandingkan restoran tradisional yang membutuhkan waktu 5 tahun.

  • Jangkau lebih banyak konsumen secara online

Industri pesan antar diperkirakan akan mencapai valuasi sebesar USD 470 miliar pada tahun 2025. Jika kamu tidak berada di sana untuk melayani kumpulan pesanan pesan-antar online, pesaing kamu lah yang akan melakukannya. Restoran tradisional selalu berjuang menemukan keseimbangan antara memprioritaskan pesanan di tempat dan pesanan untuk layanan pesan antar. Dengan menyederhanakan dan memodernisasi proses yang fokus pada pesan antar, kamu akan dapat memenuhi pesanan lebih dari sebelumnya – dari ruang yang jauh lebih kecil.

Di Everplate, kami sudah melakukan riset di area sekitar Jakarta yang memiliki potensi untuk bisnis pesan antar. Kamu akan membuka restoranmu di lokasi strategis seperti Kemang, Jakarta Selatan, di mana kamu akan mencapai keseimbangan antara biaya sewa yang masuk akal dan jarak yang dekat dengan konsumen. Jangan lupa bahwa ghost kitchen dapat melengkapi lokasi restoran dine-in dengan baik jika kamu memilikinya.

Jadi seberapa mudah membuka franchise di ghost kitchen? Mari beralih ke hal yang lebih spesifik.

  • Ekspansi lebih cepat

Dengan ghost kitchen, kamu dapat mengekspansi bisnis kulinermu ke area lain secara lebih cepat, sehingga mengurangi risiko, dan memaksimalkan keuntungan.

Kamu tidak perlu mengembangkan lokasi fisik setiap saat kamu membuka lokasi baru. Yang kamu perlu lakukan adalah membuka ghost kitchen dan tunggu pesanannya masuk. Dengan memutar strategi untuk menargetkan lebih banyak lokasi dalam satu waktu, kamu juga akan membuka bisnismu kepada lebih banyak konsumen melalui etalase digital tanpa biaya tambahan.

  • Bermitra dengan bisnis jasa kurir

Beralih ke dapur Everplate juga memberimu akses ke semua teknologi yang dibutuhkan untuk beroperasi dengan lancar. Ghost kitchen beroperasi baik dengan berbagai bisnis pengiriman makanan, baik itu Grab ataupun Gojek. Namun melacak semua pesanan ini sekaligus akan sangat rumit.

Di ghost kitchen kami, kamu dapat melacak setiap pesanan hanya dengan satu gawai/tablet. Yang perlu kamu lakukan hanya mulai memasak. 

Selain itu, Everplate menawarkan dukungan khusus untuk membantu kamu mengelola transisi bisnis yang berfokus pada pengiriman. Dengan bekerja bersama kami, kamu dapat menjalankan bisnis dengan tenang karena mengetahui bahwa kami selalu siap membantu. Kami juga membantu kamu mengurus pemeliharaan dan keamanan bisnismu sehingga kamu tidak perlu khawatir.

Siap untuk membuka ghost kitchen?

everplate-membuka-ghost-kitchen-di-indonesia-hubungi-kami

Di Everplate, tujuan kami adalah mendorong inovasi dan membantu membangun era kesuksesan yang baru bagi industri franchise makanan. Kami sudah berada di garis depan di antara perusahaan yang berpusat pada pengiriman, membantu bisnis kamu menemukan kesuksesan di dunia yang berubah dengan cepat.

Tertarik untuk memanfaatkan pasar yang berkembang di ruang dapur kami? Hubungi kami hari ini. Kami sangat senang mendengar pertanyaanmu.


More insights
 & stories

There’s more where that came from.
 Get in the know and check out our addtional insights