Apa itu bisnis delivery makanan dan bagaimana cara memulainya dengan sukses?

cara-memulai-bisnis-delivery-makanan-dengan-sukses-di-indonesia-everplate

Waktu adalah hal yang dinamis bagi semua restoran. Selain mengubah cara hidup, COVID-19 telah menyebabkan pergeseran bisnis restoran yang signifikan dari makan di tempat menjadi fokus pada food delivery. Karena semakin banyak orang yang mencari opsi makan mudah di tengah gaya hidup yang sibuk, layanan delivery makanan memperkuat posisi mereka dalam industri, bukan hanya berlaku untuk makanan Chinese atau pizza.

Berdasarkan data dari Research and Markets, layanan delivery makanan secara global mencapai nilai US$ 84,6 miliar sepanjang tahun 2019 dan diprediksi naik menjadi US$ 164,5 miliar pada tahun 2024. Di Asia secara khusus, data menunjukkan pendapatan industri ini mencapai US$ 58,4 juta sejak awal tahun 2020 dan pertumbuhan pendapatan rata-rata per tahunnya diproyeksi 10,5% sepanjang tahun 2019-2023.

Semua ini terdengar seperti berita baik apabila kamu adalah pemilik restoran. Memang benar, hanya apabila kamu memiliki kemauan untuk beradaptasi.

Lalu apa sebenarnya bisnis delivery makanan dan bagaimana mereka bisa sangat populer?

apa-bisnis-delivery-makanan-di-indonesia

Dapur dan ruang kerja di dalam restoran dine-in sudah didesain dan dirancang agar sesuai dengan sistem pesanan dine-in. Kita semua familiar dengan prosesnya: makanan dipesan, dimasak, dan kemudian disajikan kepada pelanggan yang duduk di area restoran. Sistem ini sesuai bagi pelanggan yang menginginkan pengalaman makan yang premium. Namun karena saat ini mayoritas pesanan dalam bentuk pesan antar, restoran tidak memerlukan karyawan yang biasanya melayani pelanggan (front of house staff) dan ruangan untuk dine-in.

Singkatnya, kecuali kamu ingin menolak pasar yang potensial, dapur harus dirancang ulang dan dioptimalisasi agar sesuai dengan konsep bisnis delivery makanan. Inti dari bisnis ini adalah: restoran yang didesain hanya untuk melayani pesan antar. Pergeseran yang bertahap ke arah delivery-focused juga didukung oleh adanya pembatasan akibat kehadiran virus COVID-19. Lockdown membuat semakin sedikit pelanggan yang mengunjungi restoran dine-in, bahkan ada banyak tanda yang menunjukkan tren ini akan berdampak permanen bagi industri.

Karena itu, banyak pemilik restoran yang melakukan transisi di dapurnya untuk berfokus pada bisnis delivery makanan. Baik membuat dapur tambahan atau renovasi dapur yang ada, dapur ini berpotensi memberikan keuntungan dibandingkan model restoran yang sebelumnya.

Bagaimana kamu memulai bisnis delivery makanan?

bagaimana-memulai-bisnis-delivery-makanan-di-indonesia

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan jika kamu berkeinginan untuk membuka restoran berkonsep delivery-focused, yaitu:

#1: Ketahui Jenis Makananmu

Jangan khawatir tentang makanan apa yang sesuai dengan usaha delivery makanan. Saat ini variasi makanan yang ada di layanan food delivery sama luasnya dengan variasi makanan di restoran dine-in. Yang paling penting adalah dapat membuat makanan yang membuat pelanggan ingin memesannya.

#2: Atur Logistik

Memulai bisnis delivery makanan memiliki lebih banyak upaya dan pertimbangan dibandingkan bisnis lain. Kamu harus:

  • Temukan lokasi yang sesuai

Jika kamu tidak melayani pelanggan untuk makan di tempat, restoranmu tidak perlu berada di jalan utama kota. Namun di sisi lain, kamu ingin restoranmu berada dekat dengan pelanggan yang lapar. Menemukan lokasi yang sesuai akan sulit dan memakan waktu, namun hasilnya akan sepadan dengan usaha.

  • Lakukan riset dan optimalkan tata letak dapur

Coba kamu bayangkan konsep dapur restoran cepat saji. Dapur mereka didesain dengan cermat agar dapat memanfaatkan ruang seefisien mungkin. Tidak ada sedikitpun bahan yang terbuang saat mengolah makanan di bawah standar kontrol kualitas. Dapur untuk bisnis delivery makanan mengambil elemen efisiensi tersebut, namun coba kombinasikan juga dengan jenis makananmu.

  • Atur renovasi

Menemukan pemasok, kontraktor, dan pihak lain yang terlibat adalah salah satu proses yang memakan waktu.

  • Beli peralatan yang memang dibutuhkan

Walaupun bisnis delivery makanan membutuhkan sedikit peralatan, namun akan ada beberapa biaya dimuka yang mahal untuk membeli peralatan tersebut.

  • Dan masih banyak lagi

Semua kebutuhan tersebut harus dipenuhi sebelum kamu siap menerima pesanan. Menyelesaikan proses ini pasti akan mempersiapkan kesuksesanmu juga sehingga ini merupakan momen yang penting. Bagi banyak orang, sewa ruang cloud kitchen adalah opsi yang realistis, sederhana, dan menguntungkan.

Dikenal dengan dark kitchens, virtual kitchens, atau bahkan ghost kitchens, cloud kitchen berada di garis depan inovasi dalam industri F&B. Di Everplate, kami menyewakan cloud kitchen untuk bisnis di Indonesia yang mencari solusi instan untuk bergeser ke bisnis food delivery.

Ruang cloud kitchen kami dapat membuatmu:

  • Menemukan banyak pelanggan

Daripada berjuang menemukan pelanggan untuk mengisi restoranmu, ubah bisnismu secara online. Ruang dapur kami yang dioptimalkan untuk layanan pengiriman didesain untuk menghasilkan pesanan sebanyak mungkin selama jam sibuk.

  • Menghemat biaya dimuka

Karena ruang cloud kitchen kami sudah siap, kamu tidak perlu berinvestasi pada peralatan yang mahal atau membayar biaya dimuka yang mahal untuk renovasi dapurmu. Tergantung pada jenis bisnis F&B kamu, cloud kitchen dapat menghemat biaya dimuka 30-40%

  • Sangat fleksibel

Kurangnya biaya dimuka juga memberikan fleksibilitas bagi kamu. Pindah ke dapur yang lebih besar semudah kamu memberitahu kami, dan kami siap untuk melakukan transisinya.

  • Mengurangi biaya operasional dan front of house

Dengan tidak adanya karyawan untuk melayani pelanggan (front of house staff) dan tidak ada area dine-in yang harus dirawat, cloud kitchen memberikan biaya operasional yang lebih terjangkau dibandingkan restoran dine-in. Artinya kamu dapat memperoleh keuntungan yang besar ketika pesanan terus datang.

  • Akses ke tim yang suportif

Menyewa cloud kitchen melalui Everplate juga memberikan kamu akses untuk memperoleh masukan dan saran dari tim kami. Mereka akan membantumu mengoptimalkan ruang, beradaptasi dengan pertumbuhan, dan mengawasi perkembangan kesuksesanmu.

Kesimpulannya, ada dua rute yang dapat kamu pilih ketika ingin masuk ke bisnis delivery makanan. Keduanya dapat memberikan keuntungan untuk industri yang sedang berkembang pesat, namun cloud kitchen menawarkan fasilitas yang lebih terjangkau dan terukur untuk bisa beradaptasi dengan perubahan.

Untuk mengetahui tentang dapur kami, hubungi salah satu spesialis kami. Kami dapat membantumu menemukan ruang yang cocok untuk bisnis kamu hari ini.


More insights
 & stories

There’s more where that came from.
 Get in the know and check out our addtional insights