6 Cara Terbaik untuk Memangkas Biaya di Dapur

indonesian-chef-cooking-in-commercial-shared-kitchen-everplate

Banyak orang memiliki impian untuk membuka restoran mereka sendiri. Banyak yang sudah mencoba menjalankan usaha restoran dan pada akhirnya harus merelakan ekspektasinya. Memiliki restoran memang benar bisa menjadi sumber pencarian, tetapi itu juga merupakan salah satu industri yang paling kompetitif untuk bisa berhasil. Dengan begitu banyak restoran lain yang bersaing secara menu yang bisa dicustom maupun margin yang tipis, menjadikan anda harus lebih siap untuk bisa bertahan dalam industri makanan yang penuh persaingan ini.

Terutama dengan bagaimana pandemi telah menghancurkan industri F&B di Indonesia dan di seluruh dunia, semakin penting untuk memahami cara menjalankan bisnis restoran yang menguntungkan. Di Everplate, kami berpengalaman dengan berbagai bisnis restoran dan telah melihat dengan tepat bagaimana bisnis yang paling sukses beroperasi. Selain memasak makanan yang lebih baik dan memasarkan restoran anda ke lebih banyak pelanggan potensial, mengurangi biaya adalah salah satu cara terbaik untuk melakukannya. Baca terus untuk enam cara terbaik untuk mengurangi biaya di dapur anda.

#1 – Manajemen inventaris yang terhitung & pengendalian limbah

weighing-food-on-scale-recipe-costing-reduce-cost

Untuk memastikan Anda tidak menghabiskan jumlah yang tidak perlu untuk bahan baku, setiap dapur harus memiliki proyeksi untuk bulan depan, berapa banyak yang akan mereka butuhkan. Manajemen inventaris yang baik seperti ini dapat menghemat jutaan rupiah untuk sisa makanan dan memastikan anda memiliki jumlah makanan segar yang tepat saat anda membutuhkannya. Dengan cara ini, anda tidak perlu memberitahu pelanggan bahwa anda kehabisan bahan tertentu untuk hidangan atau membuang kotak makanan yang sudah melewati tanggal kadaluarsa.

Karena itu, memprediksi permintaan adalah tugas yang sulit – dan umumnya lebih baik memesan sedikit di atas apa yang anda akan dibutuhkan. Menemukan keseimbangan  membutuhkan waktu, tenaga, dan pengetahuan tentang kinerja dapur anda. Namun, ada beberapa cara berbeda untuk melawan pemborosan makanan. Jika restoran anda memiliki penawaran bergaya prasmanan, pertimbangkan untuk menerapkan biaya sisa makanan untuk memberi insentif kepada pelanggan anda hanya untuk mengambil apa yang bisa mereka makan. Atau, jika anda memiliki produk mentah atau potongan berlebih di dapur anda yang akan dibuang – tetapi masih segar – cobalah membuat hidangan musiman atau menawarkan promosi untuk membantu anda menggunakan semuanya.

Jika semuanya gagal dan anda memiliki bulan di mana banyak makanan terbuang, catat dan kumpulkan data sehingga anda dapat melakukan penyesuaian untuk bulan berikutnya dan lebih mengoptimalkan ruang dapur anda. Mampu mengumpulkan data dengan sangat mudah adalah salah satu cara paling berdampak yang digunakan restoran menggunakan cloud kitchen kami pada tahun 2021.

#2 – Temukan pemasok yang lebih baik

restaurant-greeting-customers

Sebagai pemilik restoran, anda akan sangat menyadari betapa sulitnya menemukan pemasok yang tepat untuk dapur anda, terutama jika anda memerlukan beberapa bahan yang sangat tidak biasa dan lebih langka  diimpor dari negara lain. Meskipun demikian, mengevaluasi pemasok anda dan membedakan mana yang menawarkan nilai layanan yang baik, dan mana yang tidak, adalah salah satu cara terbaik untuk menghemat uang di restoran anda.

Luangkan waktu yang anda butuhkan untuk mencari-cari sumber alternatif produk mentah dan lihat apakah ada penawaran yang lebih baik di luar sana. Ketika anda sudah memiliki pemasok, ada lebih sedikit tekanan waktu untuk menemukan yang baru, dan anda memiliki penawaran dasar untuk melihat apakah pemasok lain dapat menawarkan penawaran yang lebih banyak dengan lebih murah. Saat melakukan ini, pastikan anda tidak mengorbankan kualitas dengan harga yang lebih rendah, atau reputasi restoran anda bisa rusak parah.

Mereka yang berada di lokasi cloud kitchen juga memiliki kesempatan untuk mengkonsolidasikan pemasok mereka. Jika Anda mengoperasikan beberapa merek dari satu lokasi dapur awan, ini adalah kesempatan sempurna untuk ‘untung dua kali lipat’ dan memangkas biaya.

#3 – Memantau biaya tenaga kerja

indonesian-chef-cooking-in-ghost-kitchen-everplate

Salah satu pengeluaran terbesar sebuah restoran adalah stafnya. Secara tradisional, restoran membutuhkan staf siaga yang banyak untuk melayani pelanggan selama jam sibuk. Mencari tahu persis berapa banyak karyawan yang anda butuhkan untuk menjalankan dapur anda adalah cara yang bagus untuk menghemat uang dan dapat mengurangi biaya secara signifikan.

Jika anda membutuhkan tim yang besar untuk melayani pelanggan, pertimbangkan untuk mengalihkan merek anda ke restoran yang lebih berfokus pada pengiriman. Pesanan pengiriman membutuhkan tenaga kerja yang jauh lebih sedikit, karena makanan hanya dimasak di dapur sebelum diserahkan kepada pengendara pengiriman pihak ketiga.

Faktanya, operator cloud kitchen telah menemukan kesuksesan besar selama pandemi karena kebiasaan konsumen telah berubah. Semakin banyak orang yang memesan secara online untuk makan di restoran, dan cloud kitchen membutuhkan tim kecil yang terdiri dari 2-3 orang dibandingkan dengan restoran makan di tempat dengan ukuran serupa yang membutuhkan 15 orang.

#4 – Menumbuhkan lingkungan kerja yang positif

indonesia-cloud-kitchen-everplate-kelapa-nias-building-location

Jika tingkat pergantian staf anda tinggi, Anda mungkin menghabiskan banyak waktu untuk melatih staf baru. Ini adalah proses yang memakan waktu, dan waktu adalah uang.

Cobalah untuk memberi penghargaan kepada staf anda yang paling setia dan jadikan bekerja di restoran anda sebagai pengalaman yang memuaskan dan menyenangkan. Ini tidak harus melalui insentif uang – Anda dapat melakukannya melalui acara tim building, penghargaan karyawan bulanan, di antara banyak strategi lainnya. Membangun lingkungan kerja yang positif, ramah, dan produktif sangat penting untuk kesuksesan restoran Anda dan kepuasan karyawan. Dalam lingkungan kerja yang bahagia dan bermanfaat, mereka jauh lebih mungkin untuk bertahan dalam jangka panjang, mengurangi perputaran karyawan dan menghemat banyak waktu kerja dan biaya terkait untuk terus melatih staf baru.

#5 – Optimalkan menu anda

restaurant-menu-indonesia-everplate-cloud-kitchen

Setiap hidangan berbeda yang anda sajikan akan memiliki margin keuntungan yang berbeda, tergantung pada bahan yang dibutuhkan untuk menyiapkannya dan seberapa padat karya untuk membuatnya. Untuk memangkas biaya, penting untuk mempertimbangkan popularitas dan biaya hidangan tertentu untuk memutuskan mana yang paling sesuai dengan waktu Anda.

Beberapa hidangan mungkin merupakan bagian integral dari reputasi merek anda, jadi pertimbangkan itu. Tetapi jika ada hidangan yang tidak menghasilkan uang, pertimbangkan untuk menghapusnya dari menu atau menaikkan harganya. Belum lagi, menu yang lebih kecil berarti lebih sedikit pekerjaan logistik dalam hal menyimpan produk mentah dan mengatur pemasok.

Semua ini dapat dilakukan dengan mengumpulkan data dari platform pengiriman, pemasok, dan dapur anda. Anda akan dapat melihat hidangan mana yang berkinerja terbaik dan kemudian lebih menekankan pada hidangan tertentu tersebut.

#6 – Fokus kembali pada layanan pesan-antar & buka Cloud Kitchen

everplate-cloud-kitchen-in-belmont-indonesia-order-collection-area

Banyak restoran yang tetap sukses selama pandemi memiliki satu kesamaan: mereka semua mengidentifikasi layanan pesan-antar sebagai masa depan restoran di Indonesia. Dengan memfokuskan kembali restoran anda pada layanan pesan-antar, anda dapat memasak lebih banyak makanan untuk lebih banyak pelanggan dalam waktu yang lebih singkat dan dengan biaya yang lebih rendah.

Cloud kitchen adalah salah satu cara paling efektif untuk melakukan ini. Singkatnya, ini adalah ruang dapur yang dioptimalkan untuk pengiriman yang memiliki biaya operasional yang jauh lebih rendah berkat staf yang lebih sedikit, asuransi dan pemeliharaan yang ditanggung oleh operator seperti kami, dan data komprehensif untuk pengoptimalan operasi.

Dapur awan dapat membantu hampir semua poin yang tercantum di atas, dan merupakan cara sempurna untuk melengkapi lokasi restoran yang ada atau membuka merek baru sepenuhnya. Dengan biaya di muka yang lebih rendah, mereka juga merupakan pilihan yang jauh lebih kecil risikonya dan mendorong perubahan dalam industri F&B dengan menyediakan data dan informasi yang dibutuhkan pemilik restoran untuk menjalankan restoran yang sangat optimal yang menghabiskan jauh lebih sedikit, dan menghasilkan jauh lebih banyak. 

Hubungi kami

Everplate memimpin dalam hal teknologi cloud kitchen. Jika anda ingin membuka restoran cloud kitchen, hubungi kami hari ini. Kami dengan senang hati menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin anda miliki atau menyiapkan di lokasi pilihan anda.


More insights
 & stories

There’s more where that came from.
 Get in the know and check out our addtional insights