Bagaimana COVID mendorong inovasi dalam bisnis F&B?

covid-mendorong-inovasi-bisnis-fnb-cloud-kitchen-everplate-indonesia

Dalam beberapa dekade terakhir, perubahan dan perkembangan industri F&B berjalan sangat lambat. Perilaku konsumen juga tidak berubah pada tahun-tahun tersebut,  fine dining di restoran mewah, sementara takeaway atau delivery hanya untuk makanan murah dan cepat saji.

Hal itu terjadi karena inovasi hampir selalu dipicu oleh kebutuhan – industri F&B yang sesuai dengan kebiasaan kita berjalan baik-baik saja – sampai COVID menyerang.

Tanpa kebutuhan, inovasi food technology akan jarang dijumpai. Tentu bisnis seperti GrabFood dan GoFood membuat food delivery jadi lebih mudah di akses di Indonesia, namun tidak mengubah cara kerja industri ini secara mendasar. Mereka hanya melengkapi sistem yang sudah ada – mengambil makanan di dapur, di belakang area dine-in restoran.

Cloud kitchen (atau bisa disebut virtual kitchen, dark kitchen, ghost kitchen, atau central kitchen) sudah menjadi ide bisnis selama bertahun-tahun, namun tidak pernah terealisasi sampai tiba pandemi. Saat ini, popularitas mereka melonjak dan sepertinya akan tetap ada bahkan saat pandemi hilang.

Apa itu cloud kitchen?

apa-itu-cloud-kitchen-indonesia-everplate

Cloud kitchen adalah pembangkit food production yang efektif. Di restoran biasa pasti ada dapur, tempat duduk untuk makan di tempat, dan menu fisik. Di sisi lain, cloud kitchen hanya membutuhkan dapur. Menu makanannya online, dan ruangnya dioptimalkan untuk memasak makanan berkualitas tinggi dengan cara efisien. 

Karena banyak restoran yang tidak memiliki bagian khusus food delivery, bermitra dengan perusahaan pengiriman makanan seperti GrabFood dan GoFood membantu cloud kitchen mengirimkan makanannya pada konsumen.

Cloud kitchen membuat restoran dapat fokus pada food production – tidak perlu mengurus masalah logistik, mempekerjakan staf front-of-house, dan membayar sewa yang terlalu tinggi untuk gedung restoran.

Mengapa restoran membuka cloud kitchen dengan cepat?

restoran-membuka-cloud-kitchen-dengan-cepat-covid-indonesia

Pembatasan sosial berskala besar aktivitas akibat COVID mempersulit masyarakat di Indonesia. Industri restoran terpukul dan area dine-in terbengkalai karena saat ini setiap orang memilih untuk masak di rumah, ataupun delivery makanan. 

Namun banyak restoran cepat beradaptasi. Mereka yang sudah menyediakan layanan food delivery meningkatkan layanannya, sementara restoran kelas atas yang sebelumnya hanya melayani dine-in mulai membuka pesanan delivery. Masalahnya hanya satu: restoran tradisional ini beroperasi pada sistem baru dan tidak ada efisiensi maupun food technology di sana. 

Banyak restoran yang sudah benar mengidentifikasi cloud kitchen sebagai upaya melakukan ekspansi untuk melengkapi lokasi yang sudah ada. Cloud kitchen adalah solusi murah untuk memulai bisnis, hanya menghabiskan sebagian kecil dari biaya dimuka restoran tradisional, dan biaya operasional yang rendah. Ditambah adanya perubahan kebiasaan makan setiap orang, membuat ini menjadi opsi bisnis restoran yang logis saat dan bahkan setelah pandemi COVID.

Manfaat apa yang diberikan?

manfaat-cloud-kitchen-restoran-indonesia

Kami telah menyebutkan bahwa cloud kitchen adalah opsi yang lebih efisien, namun apa yang mendasari pernyataan tersebut?

  1. Biaya dimuka lebih murah.
  2. Biaya operasional lebih rendah karena tim yang lebih kecil dan sewa lebih rendah.
  3. Mengurangi kekhawatiran logistik terkait makanan sisa.
  4. Return on Investment lebih cepat, memungkinkan pemilik bisnis mulai mengirimkan makanan dalam beberapa minggu.
  5. Menyelesaikan pesanan lebih cepat berkat layout dapur yang efisien dan food technology yang inovatif.
  6. Bantuan bisnis dari cloud kitchen seperti Everplate untuk mengembangkan virtual brand kamu.

Kesimpulan

Pandemi telah mengubah cara hidup kita, dan kemungkinan akan bertahan lama. Salah satu perubahan besar yang diperlukan adalah di mana kita makan. Cloud kitchen semakin populer di antara pemilik bisnis F&B karena manfaatnya. Ruang dapur yang kecil dan optimal adalah solusi terbaik untuk pembatasan COVID dan jauh lebih efisien dalam memasak dan mengantarkan makanan. Bisnis menemukan bahwa hambatan yang paling masuk akal dihadapi oleh bisnis cloud kitchen hanya seberapa banyak order yang diterima.

Karena cloud kitchen tidak didesain untuk menarik kunjungan pelanggan, mereka membutuhkan usaha lebih dalam memasarkan produknya. Restoran yang belum terlalu dikenal melalui lokasinya juga harus berinovasi dan menemukan cara memasarkan restorannya, biasanya secara digital. Upaya yang bisa dilakukan adalah membuat website, membuat kampanye digital marketing, memiliki fotografer profesional, dan masih banyak lagi.Untuk menemukan informasi lebih lanjut seputar cloud kitchen, hubungi Everplate sekarang. Kami hadir untuk membantu kamu membangun bisnis restoran kamu dari nol.


More insights
 & stories

There’s more where that came from.
 Get in the know and check out our addtional insights