Cloud Kitchens

Apa itu Cloud Kitchens?

Bersiaplah Untuk Babak Berikutnya!

 

Di tengah perubahan perilaku konsumen di era digital, ekspansi ke bisnis delivery merupakan langkah strategis untuk tetap bertahan dan meningkatkan daya saing.

Brand F&B Anda bukan hanya dapat menjangkau pasar yang lebih luas, tapi juga memperkuat posisinya di arena persaingan.

 

Pertumbuhan Pasar Global

 

Preferensi masyarakat modern yang mengutamakan kecepatan akses dan layanan instan ditangkap dengan sangat baik oleh para pelaku bisnis F&B yang mengusung konsep delivery. Hasilnya, perubahan perilaku konsumen tersebut diikuti pula dengan pertumbuhan bisnis F&B delivery yang semakin meningkat tajam dari waktu ke waktu.

Pada tahun 2018, ukuran pasar dari layanan online food delivery di seluruh dunia ditaksir senilai US$23.539,40 miliar. Lalu meningkat tajam mencapai US$96 miliar hanya dalam kurun waktu satu tahun.

Menurut data riset Statista, pendapatan global dari segmen pasar online food delivery diproyeksikan mencapai US$136.431 miliar pada tahun 2020. Angka ini diharapkan mengalami tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata (CAGR 2020-2024) sebesar 7,5% sehingga menghasilkan volume pasar sebesar US$182.327 miliar hingga tahun 2024.

Segmen pasar terbesar berasal dari Platform-to-Consumer delivery, dengan proyeksi volume pasar sebesar US$70.741 miliar pada tahun 2020. Jumlah pengguna dalam segmen ini pun diprediksi masih akan terus bertambah hingga menyentuh angka 965,8 juta pengguna pada tahun 2024 mendatang.

 

Lonjakan Peminat di Indonesia

 

Dengan lebih dari 250 juta jiwa populasi dimana 64% dari total penduduknya merupakan pengguna internet, pasar online food delivery di Indonesia turut menunjukan lonjakan peminat yang cukup tinggi.

Berdasarkan hasil survei lembaga riset Nielsen pada tahun 2019, yang melibatkan 1.000 partisipan di kota-kota besar, sekitar 95% masyarakat Indonesia menyukai makanan siap santap. Dari persentase tersebut, 58% diantaranya memesan makanan melalui aplikasi pesan-antar.

Sementara itu, Wilayah Jakarta memegang potensi terbesar untuk daya beli konsumen. Tidak kurang dari lima juta konsumen aktif dapat dijangkau melalui layanan delivery. 

Data riset Statista menunjukan pendapatan segmen pasar online food delivery dalam negeri diproyeksikan mencapai US$1.951 miliar pada tahun 2020; dengan prediksi tingkat pertumbuhan tahunan (CAGR 2020-2024) sebesar 11,5% yang akan menghasilkan volume pasar sebesar US$3.018 miliar pada tahun 2024.

 

Dark Kitchen, Langkah Awal Terbaik Untuk Memulai Ekspansi Bisnis

 

Jika ada pilihan untuk meminimalisir tingkat resiko dan biaya operasional tanpa harus mengorbankan kualitas produk, sebaiknya jangan abaikan pilihan itu. Apalagi jika Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih untuk meningkatkan produktivitas bisnis, itu artinya Anda sudah maju tiga langkah mendahului para kompetitor.

Semua itu bisa Anda raih bersama Everplate Kitchen. Kami menyediakan dark kitchen siap huni dengan layanan dan fasilitas terbaik untuk membantu brand F&B Anda menjangkau lebih banyak pelanggan melalui bisnis delivery.