Rahasia Resto Ditemukan Banyak Pelanggan di GoFood dan GrabFood

rahasia-ditemukan-banyak-pelanggan-grabfood-gofood

Kemajuan teknologi yang semakin meluas ditambah dengan faktor pandemi Covid 19 yang belum mereda, menyebabkan perubahan kebiasaan konsumen dalam menikmati makanan. Sehingga banyak konsumen yang beralih ke layanan food delivery. Beberapa wadah yang telah marak digunakan oleh pelaku bisnis kuliner online adalah GoFood dan GrabFood. Tak hanya pelaku bisnis kuliner online, banyak restoran juga sudah mulai menambah saluran penjualan melalui aplikasi online tersebut. Bahkan di tahun 2021 ini, layanan terbaru seperti Shopee Food dan Traveloka Eats sudah mulai memperkuat posisinya.

Meskipun banyak persaingan, namun peluang bisnis via food online ini lebih besar dibandingkan berjualan offline. Walau resto mu masih terbilang sederhana dan baru terdaftar dengan platform ini, kamu bisa mendapat untung besar bahkan dalam waktu cepat. Berikut beberapa trik jitu yang dapat kamu simak, untuk meningkatkan pelanggan di akun GoFood dan GrabFood dan tingkatkan omzet mu lebih cepat. 

  1. Penentuan nama restoran 
nama-menu-restoran-online-gofood-grabfood

Ketika memesan makanan secara online, konsumen banyak yang tidak langsung mencari nama resto, tapi langsung mencari dengan nama menu makanan atau lokasi. Terutama bagi warung yang belum terlalu dikenal oleh konsumen, cara yang paling pas dalam penentuan nama restoran di Platform ini ialah dengan menyertakan nama makanan yang paling laku dan dikenal banyak konsumen, misalnya :

Nama restoranmu, “Resto Bang Ali”, dengan menu paling laku “ayam bakar”, maka kamu dapat mendaftarkan nama resto mu di GoFood dan GrabFood dengan nama “Ayam Bakar Resto Bang Ali”.

Hal itu dilakukan agar resto atau warungmu bisa berada di pencarian teratas, ketika konsumen mencari menu yang sama dengan menu unggulan di resto mu.

2. Pilih kategori restoran 

kategori-restoran-online-gofood-grabfood

Tips tingkatkan penjualan selanjutnya adalah dengan kamu menetapkan kategori restoranmu guna meningkatkan peluang profilmu ditemukan oleh calon konsumen. Misalnya saja, restoranmu fokus dengan menu japanese atau barat,  maka pilih kategori itu sebagai kategori utama. Pastikan untuk memiliki minimal 3 kategori agar lebih mudah ditemukan oleh konsumen.

3. Foto Restoran

foto-restoran-online-gofood-grabfood

Faktor utama konsumen dalam memilih restomu saat mencari makanan yaitu dengan foto restoran. Foto yang tampak jelas, menarik, dan tidak stretchy, dapat kamu gunakan sebagai foto utama. Jika restomu sudah cukup terkenal dan memiliki logo, bisa kamu gunakan sebagai foto restoran. Namun jika belum, akan lebih baik menggunakan foto menu unggulan untuk menarik konsumen. Sehingga, dengan hanya melihat menu yang kamu tampilkan, bisa menarik konsumen dalam hitungan detik.

4. Foto Menu

foto-menu-online-gofood-grabfood

Pada umumnya, tips GoFood setelah memilih restoran, konsumen akan mengecek foto-foto daftar menu yang ditampilkan. Jadi, usahakan untuk memasukkan foto-foto menu yang menarik dan profesional agar lebih membuat konsumen tergiur dengan menu yang kamu sediakan. Tapi perlu diingat, agar foto yang ditampilkan di platform, akan sama dengan makanan aslinya, agar konsumen tidak merasa ditipu.

Saat mengambil foto, ada 4 trik yang mungkin bisa kamu coba dalam mengambil foto menu yang menarik menggunakan handphone, diantaranya :

  • Foto makanan perlu diambil dengan pencahayaan yang baik, agar hasil tampak jelas dan cerah. Kamu bisa memilih waktu yang pas misalnya di pagi hari sekitar pukul 10 atau di siang hari.
  • Ambil foto dari sudut 45o agar tampak lebih pas. 
  • Foto harus fokus dan tidak blur. Pastikan handphone tidak goyang saat pengambilan. 
  • Foto bisa di edit, tapi tidak perlu menambahkan gambar atau teks agar terkesan tidak terlalu ramai.

5. Penamaan Menu

penamaan-menu-restoran-online-gofood-grabfood

Untuk memudahkan konsumen menemukan menu andalan resto mu, tips GrabFood selanjutnya ialah memasukkan dan mengatur daftar menu yang paling laku agar lebih mudah ditemukan oleh konsumen.

Berikan susunan menu yang memberikan penawaran berdasarkan jumlah orang dalam satu pesanan , misalnya paket :

  • Single Meal (1 pcs)
  • Double (2 pcs)
  • Group (3-4 pcs)

Ada juga cara laris jualan makanan yang paling efektif, yaitu memasang menu dengan beragam ukuran mulai dari small, medium, hingga large, sehingga memberi banyak pilihan harga untuk konsumen dapat memilih.

6. Promo Online

promo-restoran-online-gofood-grabfood

Dalam menarik konsumen, pastikan kamu untuk mengikuti promosi GrabFood atau promosi GoFood baik regular ataupun seasonal yang ditawarkan. Tips jualan dengan promo ini dilakukan paling tidak untuk membuat konsumen baru tertarik dengan resto mu, sehingga seiring waktu akan meningkatkan jumlah konsumen dan juga omzet.

Salah satu strategi lain adalah penentuan pricing point, seperti membuat kelompok harga :

– Menu Hemat (Murah)

Best Selling (Menu Andalan)

Upselling Menu 

Strategi ini memungkinkan konsumen lebih mudah memilih sesuai jangkauan harga yang mereka miliki. 

7. Rating Resto

rating-restoran-online-gofood-grabfood

Salah satu faktor utama konsumen melakukan pembelian di resto mu adalah karena rating toko atau resto. Semakin besar rating kuliner di akun platform GoFood dan GrabFood mu, maka semakin meningkatkan kepercayaan konsumen akan cita rasa makanan tersebut.

Karena itulah sebagai produsen, kamu harus fokus dalam memberikan pelayanan terbaik, baik dari segi rasa, harga, hingga kecepatan. Sehingga konsumen akan benar-benar merasa puas, dan dengan senang hati akan memberikan rating 5 bintang untuk resto mu.

Kehadiran aplikasi GoFood dan GrabFood di Indonesia ini memang sangat memberikan keuntungan, tidak hanya untuk pembeli tapi juga penjual. Dengan berbagai trik jitu diatas, semoga dapat memudahkan usaha kuliner online mu dan meraup keuntungan yang besar pula.

Ingin penjualan bisnis kulinermu mening

Yuk, mulai bisnis kuliner online kamu sekarang dan bermitra dengan EverPlate! Kontak via Whatsapp 628111311386 untuk info lebih detailnya. 


More insights
 & stories

There’s more where that came from.
 Get in the know and check out our addtional insights