Cara Memasarkan Bisnis Food Delivery di Tahun 2021

cara-memasarkan-bisnis-food-delivery-indonesia

Kamu sudah memutuskan untuk membuka bisnis pesan antar makanan. Dengan semua perubahan yang telah terjadi di dunia dan industri makanan, kamu tidak perlu ragu karena ini adalah langkah yang tepat. 

(source: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/26/pemesanan-makanan-secara-online-makin-digemari)

Tren makan di tempat sudah mulai menurun dan layanan pesan antar sedang sangat populer. Layanan pesan antar di Indonesia, melalui Riset Nielsen Singapura seperti terangkum dalam Katadata, menunjukkan sekitar 58% masyarakat Indonesia membeli makanan siap santap melalui aplikasi secara online melalui smartphone. Rata-rata masyarakat membeli makanan siap santap melalui aplikasi pesan-antar makanan dari smartphone secara online sebanyak 2,6 kali per minggu.

Meskipun benar bahwa delivery-focused kitchen (atau dikenal juga dengan sebutan cloud kitchen, virtual kitchen, ghost kitchen, atau bahkan dark kitchen) memiliki potensi yang luar biasa, bukan berarti mudah dijalani.

Faktanya, sebagian besar restoran yang beradaptasi dengan layanan pesan antar mengalami kesulitan, bukan karena kualitas makanannya, melainkan mereka tidak memahami hal terpenting kedua dalam menjalankan bisnis pesan antar makanan:

Pemasaran.

Benar sekali. Kamu mungkin dapat memasak makanan terbaik di dunia, namun tanpa strategi pemasaran yang kuat, bisnismu beresiko tidak diketahui oleh siapa pun.

Ini adalah alasan mengapa kami menulis langkah pamungkas untuk menunjukkan bagaimana cara memasarkan bisnis pesan antar makanan di tahun 2021 di Indonesia. Dalam artikel ini, kamu akan menemukan tujuh langkah cara memasarkan bisnis yang dirancang untuk memperoleh pertumbuhan jangka pendek dan kesuksesan di jangka panjang. Dengan bantuan artikel berikut, kamu akan dapat menerapkan pemasaran cloud kitchen secara otomatis, sehingga kamu dapat fokus membuat makanan yang lezat.

Langkah 1: Punya rancangan bisnis yang kuat

rancangan-bisnis-yang-kuat-untuk-bisnis-food-delivery

Ini adalah saran paling dasar dan seharusnya tidak perlu diinformasikan, namun memiliki rancangan bisnis yang kuat akan sangat bermanfaat. Yang kami maksud adalah kamu memahami makanan apa yang ingin dibuat, bagaimana membuatnya terlihat menarik, mudah dijangkau oleh target pasarmu, dan memahami efek dari sedikit perubahan harga.

Hal ini relatif sama dengan membuka restoran tradisional di Indonesia, yang berbeda adalah kamu harus lebih banyak merencanakan konsep untuk aspek pesan antar. Bagaimana membungkus makanannya dan bagaimana memastikan makanannya tetap segar saat dikirimkan? Pertanyaan tersebut sangat penting dan tidak boleh diabaikan.

Langkah 2: Buat website dengan kualitas tinggi dan mudah diakses

website-dengan-kualitas-tiinggi-mudah-diakses

Di dunia digital, memiliki situs web yang baik serta menawarkan pengalaman baik bagi pengguna adalah komponen yang penting. Jika kamu ingin melangkah lebih jauh, memiliki situs web dengan SEO yang optimal akan menarik lebih banyak pengunjung dan calon pelanggan yang sedang mencari makanan di sekitar areamu atau makanan yang serupa dengan milikmu.

Menu online adalah komponen yang tidak dapat dipisahkan dari situs webmu. Seperti menu fisik, menu online juga memungkinkan pelanggan melihat apa yang kamu tawarkan – pastikan kamu memperbaruinya secara berkala apabila terdapat menu musiman atau menu spesial. Situs web kamu harus cepat, didesain dengan baik, dan memiliki user experience yang baik. Menu online yang baik dapat menjadi pembeda kamu dengan kompetitor.

Memiliki situs web juga memungkinkan kamu untuk menumbuhkan basis konsumen online restoranmu. Dengan memberikan akses kepada pengguna untuk mendaftar dan imbalannya dalam bentuk promosi atau penawaran khusus, kamu akan membuat basis data kontak pelanggan yang dapat digunakan untuk mengiklankan produk melalui email.

Langkah 3: Bermitra dengan perusahaan jasa kurir

bermitra-dengan-perusahaan-jasa-kurir-grab-gojek

Perusahaan jasa kurir memainkan peran besar dalam lonjakan pemesanan tahun ini. Di Indonesia, Grab dan Gojek adalah dua pemain utama, sementara banyak merek lain yang beroperasi di seluruh dunia. Dengan bantuan aplikasi ini, setiap orang akan mudah memesan makanan dari rumah atau kantor dengan nyaman.

Sebelum kamu mulai menerima pesanan pertama, pastikan bahwa kamu sudah berkoordinasi dengan perusahaan jasa kurir di areamu. Perhatikan bahwa lokasi kecil dapat memberikan perbedaan yang signifikan dalam pangsa pasar perusahaan ini. Beberapa restoran memutuskan untuk berjalan dengan beberapa jasa kurir, membuka diri kepada pasar yang lebih luas. Yang lain memutuskan untuk bertahan dengan satu jasa kurir, biasanya karena ada kesepakatan yang menguntungkan. Pikirkan tentang apa tujuan bisnismu dan putuskan tawaran mana yang sesuai.

Setiap orang yang mencari makanan atau restoranmu sering mencari informasi alamat, situs web, jam buka, dan informasi bisnis lainnya. Google My Business adalah cara terbaik serta menawarkan kesempatan untuk berinteraksi dengan konsumen lewat Google, situs pencarian yang paling banyak digunakan di dunia.

Langkah 4: Daftarkan Bisnismu di Google My Business (GMB)

daftarkan-bisnis-di-google-my-business-gmb

Setelah mengisi informasi dan klaim pendaftaran, para pencari akan mudah mengidentifikasi dan menemukan restoranmu secara online. Persiapan yang mudah dan cepat dapat berdampak pada bisnis secara tidak proporsional.

Pengguna dapat dengan cepat menemukan informasi yang dibutuhkan melalui situs terpercaya. Google mendominasi lebih dari 90% pangsa pencarian secara mobile, yang biasanya digunakan pengguna untuk mencari makan. Oleh sebab itu, pastikan untuk menjalankannya segera setelah bisnis kulinermu aktif dan berjalan.

Langkah 5: Buat aplikasi seluler

aplikasi-seluler-untuk-layanan-pemesanan-promosi-bisnis-food-delivery

Langkah ini membutuhkan waktu dan biaya lebih dibandingkan langkah lain, namun dapat bermanfaat jika bisnismu mendapatkan daya tariknya. Aplikasi seluler yang menyediakan layanan pemesanan, promosi, bonus member, atau yang lainnya dapat membuat pengguna lebih setia terhadap merek atau pun bisnis kulinermu.

Langkah 6: Bentuk interaksi secara online (organik atau melalui iklan)

berinteraksi-online-organik-iklan-melalui-media-social-facebook-instagram-twitter

Saat ini, hampir semua orang menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Faktanya, riset menunjukkan bahwa masyarakat berusia 18 hingga 35 tahun menghabiskan lima hari per tahun untuk mencari informasi makanan lewat Instagram.

Banyak restoran dan usaha bisnis lainnya yang menggunakan manfaat sosial media dengan memposting konten berkualitas tinggi untuk membuat pelanggan lapar. Dengan mempublikasikan gambar makananmu di depan banyak mata dan memungkinkan mereka untuk menandai kamu di foto mereka, kamu akan mendapat bantuan dari konsumen untuk mengiklankan makanan dan merek bisnis kulinermu.

Ada dua cara untuk meningkatkan kehadiran online bisnis kulinermu, yaitu secara organik atau lewat iklan. Konten organik, walau dalam jangka waktu pendek lebih sulit, sama sekali tidak mengeluarkan biaya dan dapat memberikan hasil di jangka panjang. Iklan yang ditempatkan dengan baik dapat melengkapi dengan membantu membangun keberadaanmu secara online bahkan saat bisnis kamu masih kecil.

Langkah 7: Miliki fotografer profesional atau perancang visual

miliki-fotografer-profesional-ataus-perancang-visual

Langkah sebelum-sebelumnya tidak mungkin berjalan tanpa adanya tenaga profesional yang membantu visualisasi makananmu. Terkhusus untuk makanan, setiap orang akan lebih memperhatikan gambar daripada teks. Mempekerjakan fotografer profesional untuk mengabadikan foto makananmu yang menarik saat pertama kali membuka bisnis pasti akan terbayar dalam jangka panjang.

Kamu dapat menggunakan foto ini dalam menu, situs web, atau mempostingnya di akun sosial media, dan masih banyak lagi. Setiap orang akan mengakui bahwa mereka terpengaruh oleh gambar makanan yang terlihat nikmat, sebaliknya akan menolak apabila gambarnya buruk.

Strategi pemasaran untuk ghost kitchen kamu di tahun 2021

Beberapa tahun ke depan akan menjadi tahun yang menjanjikan untuk bisnis pesan antar makanan di seluruh dunia. Ditambah pandemi yang mengendalikan cara hidup, cara bekerja, dan cara makan, layanan pesan antar akan berlanjut mendominasi peran di dunia restoran. Mempersiapkan dapur yang delivery-focused melalui Everplate akan membuka banyak peluang untuk bisnis kulinermu ke depannya. Tips dan bantuan dari kami akan membantumu menemukan kesuksesan dalam industri yang berubah dengan cepat.Kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai tips ini atau pertanyaan seputar cara mendirikan restoran yang delivery-focused di Indonesia? Kami memiliki cloud kitchen di beberapa lokasi yang menjanjikan. Hubungi kami sekarang


More insights
 & stories

There’s more where that came from.
 Get in the know and check out our addtional insights